oleh

Sempat Ingin Jadi Pilot, Malah Masuk AKIP

PRABUMULIH – Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB, Reza Mediansyah Purnama AMdIP SH kecil sempat bercita-cita menjadi pilot.

Tetapi, tidak kesampaian. Pengaruh besar dari sang ayah, M Sirod Toni dan Mis Rukiyah berkarir di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhum dan HAM) membuat dirinya selepas SMA melanjutkan ke studinya ke Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) pada 2001.

“Kalau sejak kecil, bercita-cita jadi pilot. kan, keren bawa pesawat. Tetapi, tidak kesampaian malah masuk AKIP dan jadi pegawai rutan,” ujar Reza, sapaan akrabnya ditemui koran ini di ruang kerjanya.

Anak ketiga dari tujuh bersaudara ini menyelesaikan AKIP pada 2005, dan mendapatkan penugasan pertama kali di Rutan Kelas IIB. Kini, ia menjadi kepalanya setelah hampir 5 tahun keliling Sumatera Selatan (Sumsel) menjalani tugasnya.

“Di Prabumulih inilah, hampir 7 tahun berdinas. Akhirnya, bertemu jodoh dan menikah,” terang suami Esti Aprianti ini.

Menjabat sebagai Kepala Rutan Kelas IIB hampir setahun, sejak dilantik pada 4 September 2018 silam berupaya terus mengubah imej Rutan. Kata dia, sekarang ini tidak berlaku sistem pemenjaraan. Tetapi, mengedepankan, pembinaan dan kemandirian warga binaan.

“Kita upayakan napi dan tahanan, sebagai warga binaan nyaman menjalani hukumannya di Rutan Kelas IIB,” jelas ayah empat anak ini, pernah menjabat Kepala Rutan Cabang Muara Dua, OKU Selatan (OKUS).

Lanjutnya, perbaikan-perbaikan terus dilakukan di Rutan Kelas IIB, sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada warga binaan.

“Mimpin 77 orang pegawai, dan ratusan warga binaan memang tidak mudah. Tetapi, kita berupaya terbaik untuk memberikan pelayanan membuat Rutan Kelas IIB lebih baik ke depannya,” pungkas Alumni SMA Muhammadiyah Palangkara, Kalimantan Tengah (Kalteng) mengikuti tugas kedua orang tuanya.

Selama hampir mengabdi di Kemenhum dan HAM, khususnya bertugas keliling rutan di Sumsel. Ia mengaku, lebih banyak sukanya ketimbang dukanya.

“Bagi kita, warga binaan adalah saudara. Siapa mau di penjara, masuknya warga binaan ke penjara karena keadaan,” tambahnya. (03)

Komentar

News Feed