oleh

Seleksi PEM Akamigas, Kouta Beasiswa 20, Tergantung Hasil Tes

PRABUMULIH – Sebanyak 91 siswa SMA/SMK sederajat, Selasa (14/5) mulai mengikuti seleksi penerimaan Politeknik Energi Mineral (PEM) Akademi Minyak dan Gas (Akamigas) dipusatkan di SMAN 2.

Seleksi hari pertama tersebut terlihat seleksi tertulis dan diikuti tidak hanya siswa SMA/SMK sederajat asal Prabumulih. Tetapi juga, sejumlah siswa kabupaten/kota di Sumatera Selatan (Sumsel). Ada dari Palembang, Lubuk Linggau, Muara Enim, dan lainnya.

Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM mengatakan, seleksi ini transparan dan terbuka. Tidak ada pungutan biaya alias gratis, jika ada pungutan laporan kepada pihaknya.

“Ikuti tes dengan baik, andalkan kemampuan diri sendiri untuk lolos. Tidak ada yang meluluskan, kecuali diri sendiri,” ucapnya kepada sejumlah awak media di sela-sela pembukaan seleksi.

Sambungnya, jika lulus kata dia, ada siswa yang dibeasiswai untuk kuliah di PEM Akamigas sementara perkuliahnnya di Akamigas Cepu. Lalu, ada juga yang jalur umum.

“Kalau anak penyedia dan penghibah tanah, kita prioritaskan masuk PEM Akamigas. Bahkan, dibeasiswai atas kontribusinya dalam pendirian PEM Akamigas di Prabumulih. Apalagi, harga lahannya murah sebagai dukungannya,” kata Ridho.

Ungkap orang nomor satu ini, kalau ingin lulus dan kuliah di PEM Akamigas harus belajar dan belajar hingga bisa membanggakan orang tua. Lantaran, hidup miskin tidak enak dan juga susah.

“Makanya, camkan harus belajar untuk meraih prestasi. Sehingga, bisa menimbah ilmu di PEM Akamigas,” bebernya.

Lanjutnya, bagi siswa luar yang lulus PEM Akamigas. Kata suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu ini, bakal melobi kabupaten/kota lewat bupati atau wakonya untuk memberikan beasiswa.

“Apalagi, PEM Akamigas ini membantu penyediaan SDM migas di Sumsel,” jelasnya.

Soal penambahan lahan PEM Akamigas, kata dia, tahap awal telah disediakan 15 hektar. Lalu, untuk pengembangannya disiapkan lahan 20 hektar. “Nanti kita bahas dengan DPRD, kita yakin DPRD menyetujuinya untuk pengembangan PEM Akamigas Prabumulih,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Direktur III PEM Akamigas, Ir Bambang Yudho Suranta MT menambahkan, I kouta beasiswa sesuai dengan perjanjian kerja sama. Sebanyak 20 orang, bakal kuliah di kampusnya.

“Kalau jalur umum, yah bergantung nilai dan hasil seleksi. Seleksinya, meliputi tes tertulis dan juga wawancara yang dilakukan,” terangnya.

Siswa lulus seleksi, akunya bakal berkuliah di PEM Akamigas Cepu setahun. Selanjutnya, berkuliah di PEM Akamigas Prabumulih tergantung dengan program pembangunan gedung.

“Seluruhnya, tahap awal berkuliah di PEM Akamigas Cepu,” tandasnya.

Ketua Komisi II DPRD, Hartono Hamid SH menyoal penambahan lahan PEM Akamigas. Pihaknya akan menyiapkan anggaran, untuk pembeliannya jika memang dibutuhkan buat pengembangan PEM Akamigas.

“Iya, apalagi ini penambahan lahan tersebut untuk pengembangan. Pasti kita dukung dan siapkan anggarannya, terlebih untuk kepentingan masyarakat Prabumulih,” bebernya.

Nantinya, soal penambahan lahan tersebut. Akunya, bakal dibahas dan duduk bersama dengan Pemkot. “Soal anggaran, bakal kita bahas bersama. Intinya, DPRD memberikan support,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed