oleh

Selamatkan Anak Istri, Hendri Alami Luka Bakar Serius

-Metropolis-144 views

//Sekretariat Pemuda Batak Bersatu Terbakar

PRABUMULIH – Setelah kebakaran hebat terjadi di Ruko Polaris Cell di Jalan Urip Sumoharjo Kelurahan Pasar I, Kecamatan Prabumulih Utara, Jumat subuh lalu (8/1/2021) dan menewaskan tiga orang.

Kebakaran hebat kembali terjadi pada Minggu dini hari (10/1/2021), sekitar pukul 00.30 WIB menimpa Sekretariat Pemuda Batak Bersatu diketahui rumah milik Hendri Antoni Marpaung (39) di Perumnas Bukit Permata Residen Blok F2 Jalan Bukit Patih RT 01/RW 02 Kelurahan Patih Galung, Kecamatan Prabumulih Barat.

Untungnya dalam kejadian itu, hanya kerugian material dan tidak ada korban jiwa. Hendri dan Istri, Murni Wati Sitorus (42) hanya mengalami luka bakar cukup serius. Meski, ketika terjadi kebakaran pemilik rumah dan keluarga berhasil menyelamatkan diri. Hendri sendiri mengalami luka bakar, karena menyelamatkan anak istrinya, ketika kebakaran masih berada di dalam rumah. Kedua anaknya, Matthew Jeremiah Marpaung (12), dan Vefta Yohanes Marpaung (7) berhasil selamat.

Mendapat laporan dari warga petugas Badan Penanggulangan  Bencana Daerah (BPBD) bersama 1 unit mobil pemadam dibantu 1 unit mobil pemadam dari Pertamina langsung ke lokasi kejadian, untuk menjinakkan api dan memadamkannya.

Begitu juga, personel Polsek Prabumulih Barat mengetahui kejadian itu langsung ke lokasi kejadian untuk mengamankan lokasi kejadian dan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD, Sriyono SH dikonfirmasi terkait kebakaran itu membenarkan kejadian itu. “Iya, semalam (minggu dini hari, red) kejadiannya. Sekretariat Pemuda Batak Bersatu terbakar, sebagian rumah hangus dilalap api. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, hanya kerugian material saja sekitar ratusan juta,” terang Yono.

Ia menyebutkan, dugaan sementara penyebab kebakaran kemungkinan besar akibat konsleting listrik dari dalam rumah. “Kalau pastinya belum tahu, dugaan sementara karena konsleting listrik dari satu bagian rumah. Kita terjunkan 6 petugas dan 1 unit mobil pemadam bahu-membahu bersama warga. Api berhasil dipadamkan sekitar 1 jam,”  jelasnya.

Terpisah, Anggota Pemuda Batak Bersatu, Jhoni HB dikonfirmasi juga membenarkan kejadian itu. Ia menyebutkan, kejadiannya Sabtu tengah malam. “Iya, itu rumah Hendrik Marpaung dijadikan Sekretariat Pemuda Batak Bersatu. Betul kebakaran semalam, informasinya sebagian rumah ludes dilalap sijago merah,” bebernya.

Musibah kebakaran ini, kata dia musibah semua pengurus Persatuan Pemuda Batak. “Ini duka kita semua, pasalnya Sekretariat kita terbakar,” ucapnya.

Informasi dari sumber kepolisian, kronologis kebakaran Minggu sekitar pukul 00.10 WIB di rumah korban  diduga akibat konsleting listrik diketahui warga melihat api berasal dari rumah korban ketika itu korban keluar rumah menjerit minta tolong kepada warga sekitar.

Kemudian, keluar sejumlah warga dan melihat rumah korban sudah terbakar.  Setelah itu, 2 unit pemadam kebakaran pertamina dan pemadam kebakaran Pemkot prabumulih dapat memadamkan api. Akibat kebakaran tersebut, korban mengalami luka bakar dan dilarikan ke RS terdekat.

Kapolres Prabumulih, AKBP Siswandi SH SIk MH dikonfirmasi melalui Kapolsek Prabumulih Barat, AKP Suryadi SIP MSi menyebutkan, penyebab kebakaran masih diselidiki. “Tidak ada korban jiwa hanya saja pemilik rumah dan istri hanya mengalami luka bakar keduanya sudah dilarikan ke RS terdekat, hanya kerugian material,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed