oleh

Sekolah Tak Capai Standar Nasional Pendidikan

PRABUMULIH – Hingga saat ini belum ada sekolah yang sudah mencapai Standar Nasional Pendidikan (SNP). Hal ini seperti disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih, Kusron SPd MSi saat membuka sosialisasi sekolah menuju SNP yang dilaksanakan di SMPN 10 Prabumulih Kamis (19/9).

Kusron mengakui dari hasil evaluasi 2018 pihaknya selalu melakukan pemetaan mutu, berbagai strategi terus dilakukan agar SD dan SMP dapat mencapai SNP.

Saat ini juga Pemerintah Kota Prabumulih sedang berjuang untuk menuju mutu pendidikan lebih baik, Namun susah mencapai SNP karena satu saja dalam penilaian tidak mencapai angka 6, maka putus sudah harapan untuk mencapai SNP.

“Seperti sarana, di Prabumulih banyak sekali Sekolah yang memiliki rombongan belajar (rombel) namun tidak sesuai dengan jumlah ruang kelas, hal ini sedang dicarikan solusinya,”tandasnya

Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI), merupakan sistem penjaminan mutu pendidikan yang mencakup seluruh satuan pendidikan. SPMI perlu dikembangkan agar dapat dikembangkan dan ditetapkan di sekolah.

Sementara Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Selatan, Drs Suyato MAP mengatakan bahwa LPMP mempunyai kewajiban dan tuntutan kerja untuk meningkatkan mutu pendidikan diseriap satuan pendidikan

Karena itu ia mengajak agar sekolah yang belum memenuhi SNP, niatkna kerja sehari hari untuk meningkatkan mutu pendidikan dan diyakini bersama agar menjadi manusia lebih baik. “Dengan begitu, kita juga tidak diragukan sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, betapa mulia nya mengantar anak-anak menjadi lebih baik melalui penerapan SPMI di sekolah,”katanya.

Pria ini juga mengingatkan agar mulia dari sekarang tekadkan untuk menunjukkan nilai raport mutu. Jika tidak ada 1 standar yang meningkat, artinya harus ada perbaikan. Ia mengakatan, standar yang paling mudah dilihat oleh masyarakat adalah standar kelulusan, jika rata-rata nilai sebelumnya masih kecil, maka bertekad harus lebih baik dari sebelumnya.

“Raport mutu harus dinaikkan, hal itu menjadi salah satu indikator keberhasilan Sekolah. Saat ini penting dilakukan bagaimana kita bersungguh-sungguh meningkatkan apa yang sudah dimiliki. Untuk masuk sebagai SNP Minimal nilainya 6 keatas. Dibawah itu sudah ada SNP namun belum mencapai standar,”tandasnya.(05)

Komentar

News Feed