oleh

Sekolah Adiwiyata Tanggung Jawab Bersama

PRABUMULIH – Sekolah Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup, dalam upaya rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah, dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif.

Karena itu menurut, Kepala Sekolah SMP Negeri 8 Prabumulih Hj Idawati SPd MSi, sekolah adiwiyata merupakan tanggung jawab bersama, dimana untuk menjaga dan merealisasikanya yaitu tanggung jawab seluruh warga sekolah mulai dari pelajar dan guru.

“Tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah, agar menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah yaitu guru, murid dan para pekerja lainnya,”jelasnya.

Pantauan koran ini para siswa memiliki kesadaran masing-masing untuk melaksanakan perannya 2 dalam menjaga kebersihan hingga kerapian sekolah, kesadaran ini sangat penting dilakukan dan tanamkan pada diri masing-masing siswa, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Dalam penerapan sekolah adiwiyata ada empat aspek yang harus menjadi perhatian sekolah untuk dikelola dengan cermat dan benar apabila mengembangkan Program Adiwiyata yakni, Kebijakan, Kurikulum, Kegiatan, dan Sarana Prasarana. Sehingga secara terencana Pengelolaan aspek-aspek tersebut harus diarahkan pada indikator yang telah ditetapkan dalam program Adiwiyata.

“Kebijakan Sekolah harus peduli dan Berbudaya Lingkungan, Kurikulum yang berbasiis ingkungan, serta Sarana dan Prasarana Pendukung Ramah Lingkungan, hal ini tentunya harus dapat diterapkan di sekolah apalagi saat ini kita menjadi salah satu peserta SMP yang menuju status sebagai sekolah adiwiyata tingkat nasional,”tandasnya.(05)

Komentar

News Feed