oleh

Sediakan Obat Emergency

-Kecamatan-13 views

PRABUMULIH – Dalam pelayanan kesehatan  yang ada di posko natal dan tahun baru, Dinas Kesehatan (dinkes) menyediakan obat emergency dan obat P3K.

“Obat yang untuk penanganan pertama, seperti obat untuk penanganan pertama pada kcelakaan. Serta obat-obatan lain seperti; obat hipertensi, diare, ISPA serta gangguan pencernaan dan obat lainnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan dr H Happy Tedjo T MPH didampingi Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dr Ersyika Aryani melalui Kasi Yankes Primer Lasia Warni SKM MSI, Minggu (27/12/2020).

Nah, selain melayani pengendara yang melintas saat berpergian jauh. Posko yang beranggotakan petugas kesehatan dari 9 Puskesmas ini juga melayani masyarakat sekitar. Bahkan, sejak posko didirikan masyarakat  yang periksa merupakan warga sekitar. “Banyak yang datang periksa, biasanya itu pengunjung yang lewat berjalan kaki. Mereka periksa suhu dan tensi darah,” ujarnya Lasia mengatakan sejauh ini, belum ada pemeriksaan pengunjung yang sifatnya memerlukan perawatan lanjutan.

Disinggung apakah, tim yang diterjunkan dilapangan dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap? Yakni memakai pakaian “astronot”. Lasia menuturkan, petugas medis hanya dilengkapi Masker dan Handschoen (sarung tangan). “Itu sesuai protap penanganan di lapangan,” ucapnya.

Dilanjutkannya, dari 4 posko, posko Air Mancur, posko Pasar , posko Bawah Kemang, dan posko Tugu Tani. Posko yang ada di Pasar paling banyak dikunjungi. “Karena disitukan memang ramai, baik masyarakat yang berbelanja ke pasar atau yang lewat. Jadi terkadang, sambil berjalan kaki mampir sembari cek suhu dan tensi darah,” tukasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dinas Kesehatan Kota Prabumulih menerjunkan petugas tenaga kesehatan (nakes) dari 9 Puskesmas, di posko pelayanan selama Natal dan Tahun Baru (nataru).

Puskesmas tersebut yakni, Puskesmas Pasar, Puskesmas Karang Raja Delinom, Puskesmas Prabumulih Barat. Kemudian Puskesmas Prabumulih Timur, Puskesmas Tanjung Raman, Puskesmas Tanjung Rambang. Selanjutnya Puskesmas Sukajadi, Puskesmas Cambai dan Puskesmas Gunung Kemala.

“Petugas bertugas secara bergantian sesuai jadwal yang ditetapkan,” kata Kepala Dinas Kesehatan dr H Happy Tedjo T MPH didampingi Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dr Ersyika Aryani melalui Kasi Yankes Primer Lasia Warni SKM MSI, Selasa (22/12/2020).

Petugas yang disiagakan, sebanyak 4 orang di masing-masing posko. “Kecuali pada tanggal 24 dan 25, tanggal 30 dan 31 petugas per hari ada 5 orang ditiap posko,” ujar Lasia menambahkan tenaga kesehatan yang diterjunkan tersebut yakni, perawat, dokter dan driver.(08)

 

 

Komentar

News Feed