oleh

Sedekah Dusun harus Dilestarikan

-Kecamatan-17 views

Ridho: Tanpa Leluhur Kita Tidak Ada

SEDEKAH dusun, yang diperingati setiap Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Pangkul Kecamatan Cambai tak lepas dari tradisi turun temurun para leluhur.

Berbeda dengan Desa Pangkul, yang setiap tahun tetap melaksanakan sedekah dusun. Di beberapa desa, kelurahan justru sedekah dusun sudah mulai luntur.

Terkait itu Wali Kota Ir H Ridho Yahya MM, berharap agar tradisi budaya harus tetap dipertahankan. “Harus tetap digali, karena ngapo? Tanpa leluhur kita tidak mungkin ada. Seperti Pangkul ini, tanpa leluhur tidak mungkin ada Desa Pangkul,” katanya dibincangi usai mengikuti syukuran dan yasinan di balai adat Pangkul, Minggu (20/12/2020).

Dikatakan Ridho, tradisi ataupun budaya harus tetap dipertahankan dan harus tetap dihargai. “Siapa lagi yang menghargai tetua  kita kalau tidak warga kita sendiri. Makanya di Prabumulih ini (sedekah dusun) harus digiatkan,” harap suami Hj Suryanti Ngesti Rahayu ini.

Sebagai wujud menghargai, terhadap tetua kata Ridho. Ia selalu menyempatkan diri hadir diacara sedekah dusun. “Saya berusaha sesibuk apapun, hadir untuk menyiapkan melestarikan adat-adat kita ini,” imbuhnya.

Sebab lanjut dia, jika masyarakat menghargai para lelulur atau tetua. Nantinya, masyarakat juga akan dihargai oleh generasi selanjutnya. “Supaya ngapo? Kalau kita menghargai Insya Allah, generasi kita akan dihargai oleh generai kita dikemudian hari. Akan diingat terus,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, pemimpin yang dekat dengan masyarakat ini tetap mengingatkan agar perayaan sedekah dusun dengan protokol kesehatan. “Iya harus protokol kesehatan, kita pesan juga karena corona ini dijadikan alasan untuk untuk jauh dari Allah SWT. Warga Pangkul tetap ke Masjid, jangan dak mau ke Masjid gara gara corona. Itu bahaya juga, jadi masjid tetap dibuka silahakan sholat minta dengan Allah, minta juga dijauhkan dari corona,” tukasnya.(08)

 

Komentar

News Feed