oleh

Sebar Maklumat Larangan Membakar Lahan Lewat Bhabinkamtibmas

-Ringkus-55 views

PRABUMULIH – Upaya agar masyarakat tidak membakar lahan dan hutan menyebabkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terus dilakukan Polres Prabumulih.

Antara lain, tengah menyebar maklumat larangan membakar hutan dan lahan melalui imbauan disebar Bhabinkamtibmasnya di wilayah hukumnya.

Seperti dilakukan Bhabinkamtibmas Kelurahan Gunung Ibul, dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Sungai Medang melakukan sosialisasi dan menyebarkan maklumat tersebut.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Gunung Ibul, Bripka Asal mengatakan, imbauan tersebut sengaja dipasang sebagai langkah pencegahan dan antisipasi agar masyarakat tida membakar lahan dan hutan.

“Jika tetap dilanggar, artinya adanya sanksi hukum bagi pelaku karhutla yaitu terancam pidana penjara dan denda,” sebutnya kepada awak media, kemarin (24/9).

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Kelurahan Sungai Medang, BrigpolAdio Patra SH berharap, agar seluruh masyarakat waspada terhadap berbagai macam kerawanan kebakaran, dimulai dari lokasi tempat tinggal mereka terlebih dahulu, agar bahaya kebakaran dapat diminimalisir.

Dampak lahan dan hutan memicu timbulnya gangguan kesehatan, khususnya gangguan pernafasan,tampaknya arahnya .

Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk melalui Kasat tu Sri Sumiati SH mengatakanaraha*1n njadi atensi, agar kegiatan kepolisian ditingkatkan upaya preventif (pencegahan) terus dilakukan oleh Anggota Bhabinkamtibmas Polres Prabumulih di Kelurahan masing – masing mengingat keadaan cuaca sekarang sedang musim kemarau antisipasi terjadinya pembakaran hutan dan lahan (karhutlah) di wilayah hukum Polres.

“Seluruh jajaran kami bergerak dan turun langsung menyampaikanimbauan Kamtibmas, terutama Bhabinkamtibmas tersebar di kelurahan dan desa ada di Kota Nanas ini. Khususnya, masalah larangan membakar lahan dan hutan,” terang Sri.

Akunya, imbauan tentang entang larangan membakar hutan dan lahan tersebut dilakukan dengan cara membagikan maklumat dari Kapolda Sumsel dan Pangdam II Sriwijaya serta dengan cara memasang spanduk-spanduk di beberapa titikada di Kota Prabumulih.

“Upaya ini dilaksanakan di seluruh wilayah, guna mencegah terjadinya kebakaran musim kemarau saat ini, karena sudah terjadi beberapa kebakaran di berbagai wilayah Prabumulih,” tambahnya. (03)

Komentar

News Feed