oleh

Sebagian Jemaah Haji Sudah Tawaf Ifadah

MEKKAH – Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) kota Prabumulih mengabarkan, saat ini sebagian jemaah haji sudah melakukan tahapan Tawaf Ifadah, yang merupakan bagian dari rukun haji. “Setelah sampai di Mekkah, sebagian Jama’ah dari KBIH Patra Darusalam telah melaksanakan rukun haji yaitu tawaf Ifadah,. yang merupakan satu rangkain dengan perjalanan ke Padang Arofah, Muzdalifah, dan Mina, Melontar Jumroh ( ARMUZNA ), rangkaian tawaf ifadah sendiri, yaitu tawaf keliling Kabah,” kata H M Yusuf Arni HS selaku TPHD Prabumulih.

Dijelaskan Yusuf rangkaian Tawaf Ifadah sendiri, yaitu tawaf keliling kabah sebanyak 7 kali. “Sai 7 X berjalan, dan berlari kecil antara bumit sofa – Marwah, kemudian Tahalul yakni potong rambut atau cukur rambut bagi laki-laki dan perempuan potong sedikitnya 3 lembar atau lebih. Makna ifadah sendiri, artinya meninggalkan segala bentuk yang dilarang selama melaksanakan haji,tawaf ifadah adalah penutup rangkaian Perjalanan puncak Haji di Padang Arofah,” jelas pria yang juga merupakan assiten II di Pemerintah Kota Prabumulih ini.

Sedangkan jemaah dari KIBIH Al Munawaroh yang berjumlah 123 jemaah, baru akan melakanakan Tawaf Ifadah pada malam Sabtu WAS. “Yakni sekitar pukul 10.00 WAS, atau pukul 04.00 WIB hari Sabtu. Namun sebagian sekitar 10 orang, telah melaksanakan tawaf Ifadah,” tuturnya. Sementara untuk kelompok mandiri yang tidak tergabung dalam KBIH, kata Yusuf juga telah menyelesaikan tawaf ifadah Kamis sore kemarin. “Jemaah berjumlah berjumlah 24 orang,” ucapnya. Lebih jauh, ia menyampaikan bila kondisi para jemaah haji di Tanah Suci Mekkah dalam keadaan sehat. “Kami sudah di hotel, dan kondisi sehat,” tukasnya.(08)

Komentar

News Feed