oleh

SDN 12 jadi Sekolah Model Mandiri

PRABUMULIH – Setelah menjalankan berbagai program sebagai sekolah model binaan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), saat ini SD Negeri 12 Prabumulih sudah menjadi sekolah model mandiri. Saat ini tidak ada lagi kucuran dana dari pemerintah untuk menjalankan program sekolah model, melainkan sudah menggunakan dana sendiri atau mandiri.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2013 mengamanatkan setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan nonformal wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan. Penjaminan mutu pendidikan tersebut bertujuan untuk memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan (SNP).

“Status kita masih sebagai sekolah model namun tidak lagi dan lagi bantuan dari pemerintah kita status modelnya sudah serta tas sekolah model Mandiri” ungkap Kepala Sekolah SD Negeri 15 Prabumulih, Tuti Sitamina SPd, Selasa (6/8).

Ia mengatakan, Penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan merupakan tanggungjawab satuan pendidikan yang harus didukung oleh Pemerintah sesuai dengan kewenangan masing-masing. Dan itu sudah berlangsung ditahun sebelumnya.

Program Pengembangan Sekolah Model dan Sekolah Imbas Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dirancang untuk mengembangkan beberapa satuan pendidikan, yang akan menjadi model penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri, sehingga dapat dijadikan sebagai model bagi satuan pendidikan lain yang akan menerapkan penjaminan mutu pendidikan.

“Harapan kita minimal sekolah yang ada di sekitar SDN 12 bisa menerapkan SPMI sebagai penerapan penjamin mutu pendidikan melalui pengimbasan yang dilakukan oleh sekolah model, Karena Sekolah model ditetapkan dan dibina oleh LPMP untuk menjadi sekolah acuan bagi sekolah imbas dalam penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri,” bebernya.

Diketahui, melalui program sekolah model, Sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah model diberikan penguatan dan pembinaan untuk mampu menerapkan seluruh Siklus Penjaminan Mutu Pendidikan Internal secara sistemik dan berkelanjutan, sehingga budaya mutu dapat tumbuh dan berkembang secara mandiri pada sekolah tersebut.(05)

Komentar

News Feed