oleh

Satu SKPD, Minimal Dua Auditor

PRABUMULIH – Pemerintah kota (Pemkot) sejauh ini masih minim jumlah auditor yang dimiliki. Diharapkannya, lewat pembentukan pendidikan dan pelatihan (Diklat) Pembentukan auditor ahli bisa menambah jumlahnya.

Hal itu ditegaskan Sekretaris Daerah (Sekda), Elman ST MM ketika membuka kegiatan Diklat Pembentukan Auditor Ahli di Diklat BKPSMDM di Komplek Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Senin (18/11).

Elman menerangkan, setidaknya di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungannya memiliki dua auditor.

“Satu auditor masalah administrasi (kelengkapan). Dan, satu lagi auditor masalah teknis (lapangan). Sehingga, bisa melaksanakan tugas pengawasannya dengan baik dan optimal,” terang Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Sambungnya, lewat diklat ini bisa diciptakan sumber daya manusia (SDM) mumpuni dengan memanfaatkan ilmu dan pengetahuan dimiliki.

“Guna menjalankan tugasnya dengan baik, untuk melakukan pengawasan program telah disusun sehingga terlaksana dengan baik. Supaya, visi misi Prabumulih Berkualitas bisa diwujudkan,” aku ayah dua anak ini.

Harapannya, kata dia dengan ilmu dan pengetahuan dimiliki auditor ahli dibentuk bisa menjalankan tugas pengawasannya dengan optimal dan maksimal.

“Apalagi, sudah didatangkan nara sumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sumsel, ilmu dan pengetahuan harus diimplementasikan,” terangnya.

Perwakilan BPKP, Sudarto menerangkan adanya diklat ini bisa memperkuat SDM Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP).

“Sehingga bisa diangkat menjadi auditor, menyelesaikan permasalahan di lingkungan Pemkot,” ujarnya.

Diklat ini juga, kata dia bisa meningkatkan kompetensi APIP. Dan, juga mendukung peran serta APIP dalam rangka menjalankan tugasnya.

“BPKP mengapresiasi, Prabumulih melakukan penyelenggaraan diklat pembentukan auditor ahli. Dalam mencetak auditor ahli,” tukasnya.

Kepala BPKSDM, Beny Rizal menerangkan, kalau sebanyak 35 ASN perwakilan SKPD mengikuti diklat pembentukan auditor ahli ini.

“Memang Prabumulih, masih memiliki auditor. Adanya, diklat ini bisa menambah jumlah auditor di lingkungan Pemkot. Sebanyak 35 ASN, ikut diklat ini,” pungkasnya.

Masih kata dia, adanya auditor ini sangat membantu pengawasan program pembangunan tengah berjalan.

“Selain menambah jumlah auditor, diklat ini juga meningkatkan auditor dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya,” tambahnya. (03)

 

Komentar

News Feed