oleh

Satu OPD, Urus Satu Kabupatan. Persiapan Pemprov Terus Dimatangkan

-Metropolis-62 views

PRABUMULIH – Selaku tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV), Prabumulih terus mematangkan persiapannya. Itu dilakukan agar pelaksanaannya berlangsung sukses, karena ini menyangkut nama baik Prabumulih. Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM menerangkan, tidak hanya anggaran saja disiapkan. Tetapi, sarana prasarana pendukung penyelenggara PORPROV juga direncanakan direhab. Termasuk menyiapkan penginapan bagi atlit dan official peserta PORPROV, yaitu hotel dan home stay.

“Satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kita beri tanggung jawab untuk mengurusi satu kabupaten. Tidak hanya masalah penginapan, tetapi juga masalah kendaraan dan lainnya. Juga, masalah cabang olahraga (Cabor),” ungkap Ridho ketika membuka rapat persiapan penyelenggara PORPROV di Ruang Rapat Lantai 1, Gedung Pemkot, Senin (26/8).

Kata dia, sejumlah kabupaten/kota beberapa diantaranya sudah menghubungi OPD telah ditunjuk, khususnya masalah kordinasi penginapan. “Khusus hotel, setiap kabupaten/kota hanya dibatasi 20 kamar. Sisanya, kita carikan home stay untuk penginapannya. Itulah tugas OPD telah ditunjuk,” beber suami Ir Hj Suryani Ngerti Rahayu ini.

Pelaksanaan PORPROV sendiri, akunya dijadwalkan pada 16-26 November mendatang. Fixnya, masalah penginapan tersebut sebutnya bakal dirapatkan kembali pada 5 September mendatang. “Khusus penggunaan atlit, kita minta KONI selektif. Kabupaten/kota, hendaknya menggunakan atlit sendiri dan tidak menggunakan atlit luar,” terangnya.

Selain itu, bebernya, sarana prasarana khususnya panjat tebing sudah mendapatkan bantuan dari PT TEL pembangunannya. “Sedangkan stadion atau GOR direhab dan dibangun PTBA. Sebagai lokasi pembukaan PORPROV,” ujarnya. Terpisah, Ketua KONI Provinsi, Denny Zainal menyebutkan, penyelenggaraan PORPROV di luar Palembang dimaksudkan untuk pemerataan pembangunan. “Sumsel sekarang ini, krisis atlit dan hanya 56 atlit saja tengah dilakukan pembinaan,” jelasnya.

Sambungnya, adanya PORPROV sendiri sebagai regenerasi atlit. Makanya, bukan setiap 5 tahun tetapi 2 tahun sekali diselenggarakan. “Lewat PORPROV ini, Sumsel bisa menghasilkan atlit berprestasi. Kita berterima kasih, atas dukungan Prabumulih sebagai tuan rumah,” terangnya.

Karenanya, pesan Deny, cabor tidak perlu ragu lagi. Prabumulih, sudah siap menjadi tuan rumah PORPROV dengan segala kemampuan dimiliki. “Sekitar 8.300-an atlit dan official berkumpul dalam PORPROV ini, mengikuti 30 cabor dipertandingkan,” pungkasnya. Pantauan koran ini, kemarin sejumlah pengurus KONI Sumsel dibantu KONI Prabumulih dan OPD meninjau venue masing-masing, sebagai lokasi lomba pertandingan. (03)

Komentar

News Feed