oleh

Satu Kecamatan Satu Penyuluh

-Kecamatan-71 views

PRABUMULIH – Kelompok penerima bantuan budidaya lele sistem bioflok dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, rutin dipantau oleh petugas penyuluh perikanan Dinas Pertanian kota Prabumulih. “Satu Kecamatan ada 1 orang petugas penyuluh perikanan. Jadi seluruh penerima bantuan dari pusat selalu dalam pengawasan dan pantauan kami,” kata Kepala Dinas Pertanian Drs Syamsurizal SP, melalui Kabid Perikanan Titing SP belum lama ini.

Saat ini kata Titing, terdapat 5 kelompok penerima bantuan bioflok dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Kelompok tersebut yakni di Kelurahan Sukaraja, yakni Air Manau, Al Fuqon. “Itu bantuan 2017, ada 2 paket. Dan itu sampai sekarang terus berlanjut dan panen,” ujarnya. Sementara ditahun 2018, Prabumulih menerima bantuan 3 paket untuk 3 Kelompok. Yakni di Kelurahan Cambai, Kelurahan Prabumulih dan Desa Sinar Rambang. “Jadi selama tahun 2017-2018 kita sudah menerima 5 paket bioflok,” tutur wanita asal Jawa Barat ini.

Rata-rata ungkap Titing, 5 kelompok penerima bantuan tersebut menghasilkan sekitar 1-2 ton ikan lele. “Panennya per 3 bulan, untuk penjualan tidak pernah kesulitan karena banyak yang membeli. Bahkan ada asosiasi pembudidaya ikan, jadi akan ada yang siap menampung,”tukasnya menambahkan ditahun 2019 akan ada 1 penerima bantuan bioflok, yang saat ini masih dalam tahap lelang.(08)

Komentar

News Feed