oleh

Satu Jurusan Bekali Tiga Keahlian

-Pendidikan-51 views

PRABUMULIH – Meski hanya memiliki satu jurusan, yaitu Tekhnik Mesin Otomotif, namun SMK YPN Abadi Kota Prabumulih berikan 3 skill tambahan pada para siswa sebagai bekal setelah tamat sekolah. Ketiga skill ini diberikan yaitu mengemudi, tekhnik kendaraan ringan, dan las listrik. Hal ini mulai diperkenalkan kepada para siswa sejak menjadi peserta didik baru di SMK YPN Abadi yang beralamat di depan yang di Kota Prabumulih KM 6 ini.

“Tiga keahlian ini akan disampaikan melalui ekstra kurikuler dan muatan lokal yang harus diikuti oleh seluruh siswa sebagai nilai tambah dari jurusan inti yang kita miliki,”kata Kepala Sekolah SMK YPN Abadi Kota Prabumulih, Herman ST belum lama ini.

Dengan memberikan skill tambahan tersebur, ia bangga walaupun saat ini SMK YPN Abadi baru memiliki satu jurusan, namun saat selesai sekolah di YPN Abadi semuanya bisa nyetir mobil sendiri, memiliki keahlian mengelas dan memiliki keahlian untuk bekerja di bengkel motor. “Tamatan dari SMK YPN Abadi sudah bisa menjalankan mobil sendiri dan ada pengetahuan tentang mesin motor. Harapan kami setelah tamat di sini maka lulusan SMK YPN abadi bisa diserap didunia kerja,”harapnya.

Sementara Waka kurikulum, Ir Sawaludin menambah Sekolah di SMK, memang merupakan harapan para orang tua agar anak anak mereka bisa langsung masuk ke dunia kerj. Apalagi dengan keadaan perekonomian seperti sekarang ini, untuk melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau di perkuliahan sebagian besar memberatkan orang tua karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Hal ini terlihat dari seluruh SMK yang ada di Kota Prabumulih rata-rata peminatnya lebih tinggi dibandingkan dengan SMA. “itulah makanya suruh SMK menawarkan berbagai program yang bisa menarik minat masyarakat dan bisa bermanfaat untuk para alumni di masa yang akan datang,”tambahnya.(05)

Komentar

News Feed