oleh

Satu Caleg Golkar Mundur

-Metropolis-1.379 views

PRABUMULIH – Sehari menjelang ditetapkannya Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Kota Prabumulih, kemarin (20/9) oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Prabumulih.
Salah satu calon legislatif (caleg) dari Partai Golongan Karya (Golkar), nomor urut 5 Daerah Pemilihan (Dapil) III, Prabumulih Timur yaitu Syamdakir Edy Hamid ST menyatakan mengundurkan diri.
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Ir H Ridho Yahya MM melalui Wakil Ketua I, Ganjar Hasyim ketika dikonfirmasi membenarkan pengunduran diri Syamdakir Edy Hamid ST sebagai caleg Partai Golkar dari Dapil III.
“Surat pengunduran diri sudah kita terima, Rabu lalu (19/9) masuk ke parpol diajukan yang bersangkutan. Sudah kita serahkan ke KPU sebagai dasar,” ujar Ganjar kepada koran ini, kemarin.
Kata Ganjar, alasan pria yang pernah menjabat sebagai Ketua DPC Golkar Prabumulih Utara tersebut mengundurkan diri lantaran pertimbangan keluarga tidak mengizinkan dan akhirnya tidak melanjutkan pencalonannya sebagai caleg Golkar.
“Kader kita yang bersaing di Dapil III, harusnya 9 orang yang bersaing di Pemilu 2019. Karena satu mengundurkan diri tersisa 8 orang. Nomor urut dibawahnya, otomatis naik,” bebernya.
Sementara itu, Ketua KPU, M Takhyul Hamid SIP melalui Komisioner Teknis dan Penyelenggaraan, Wawan Irawan SSi menerangkan, kalau Daftar Calon Tetap (DCT) sudah final. Karena sudah ditandatangani dan dicap pimpinan parpol.
“Daftar Calon Sementara (DCS) kemarin berjumlah 328 caleg. Karena, satu meninggal dunia yaitu Drs H Sujiadi MM dan satu mengundurkan diri yaitu Syamdakir Edy Hamid ST. Maka berkurang 2 orang dan sudah final kita tetapkan sebanyak 326 caleg di DCT. Surat pengunduran dari parpol, sudah kita terima dari Partai Golkar,” jelasnya.
Wawan menjelaskan, pengurangan caleg hanya terjadi di Dapil III, Prabumulih Timur sebanyak 2 orang, yakni dari PAN dan Golkar.
“Total caleg laki-laki sebanyak 195 orang dan caleg perempuan sebanyak 131 orang. Keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen sudah terpenuhi. Realisasinya di DCT, keterwakilan perempuan 40,18 persen,” terangnya.
Rincinya, Dapil I caleg berjumlah 108 orang. Dapil II sebanyak 100 orang, dan Dapil III totalnya 118 orang. “Setelah ditetapkan caleg di DPT, tidak bisa bertambah dan berkurang,” tambahnya.
DCT ini sambungnya, menjadi bahan untuk pencetakan surat suara caleg DPRD kabupaten/kota. “DCT juga digunakan dasar penyusunan dan pengadaan surat suara Pemilu,” sebutnya.
Lnjutnya, DCT sendiri telah diplenokan dan ditandatangani oleh 4 komisioner. Lantaran, Era Hutri AMd berhalangan hadir dan sudah mengajukan izin. “Sudah diplenokan, sifatnya sudah final,” pungkasnya. (03)

News Feed