oleh

Satu Bulan Hanya Andalkan Obat Puskesmas

PRABUMULIH – Malang menimpa Rista Risna Dewi (10), warga Taman Baka Jalan Arimbi Kelurahan Prabujaya Kecamatan Prabumulih Timur. Ia dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) ruang Surgikal, dikarenakan sebagian tubuhnya mengalami luka bakar dan melepuh akibat ditumpahi minyak sosis goreng. Mirisnya lagi, ia baru masuk RS pada Sabtu (20/7). Sementara kejadian menimpa Rista sudah terjadi sejak 17 Juni lalu, atau sekitar 1 bulan lalu di Kabupaten Gelumbang Kecamatan Muara Enim.

Dari keterangan ibu korban, yang dihimpun koran ini, kejadian yang menimpa korban saat dirinya tengah jajan sosis, diluar lingkungan Pondok Pesantren Al Manar tempat korban sekolah. “Itu kejadian sebelum ujian sekolah. Masih pagi nian, waktu baru diantar ke pondok. Masih make baju tedok. Jajan Sosis, pas sudah nak peginyo ketingnyo (kaki Rista,red) nyangkut di selang gas. Jadi kualinyo tumpah, minyak goreng panas tumpah keno dado dan perutnyo,” kata Meriani ibu Rista.

Saat kejadian itu kata Meriani, ia dan suami tengah bersiap untuk berangkat kekebun. Yang akhirnya Rista dijemput pulang ke rumah sebelum akhirnya dibawa ke Puskesmas. “Ditelpon oleh gurunyo, dikasih tau. Bapaknyo langsung ke sekolah, make motor balek bemotor tulah kerumah. Tapi setelah Kepsek tau kejadiannyo, pak kepsek yang suruh berobat ke Puskes dan nanggung biayanyo. Kalau sekolah perhatian,” ucapnya.

Karena keterbatasan biaya kata Rista, keluarga hanya mengandalkan obat oles dari Puskesmas. Apalagi sehari-hari ia dan suami hanyalah petani karet yang tinggal di pondok kebun karet tempatnya bekerja. “Nak dibawa ke RS itu dak tepikir, takut mahal. Sementaro kami dak katek biaya, jadi pilih ke Puskesmas bae. Ngandalkan obat dari Puskesmas,” terangnya seraya menuturkan sejak beberapa bulan ini hasil getah terus merosot akibat kemarau.

Namun, karena kondisi Rista yang tak kunjung membaik setelah sekitar 1 bulan dirumah. Rista masih merasakan sakit, dan panas hingga tak tidur dan makan. Akhirnya Keluarga memutuskan untuk ke Rumah Sakit. “Kami fikir lah sembuh oleh lah kering, tapi dak taunyo belum masih bengkak. Rista ini jerit-jerit tulah nahan sakit. Panas pedih, men ngipas ini dak berenti lagi siang malam dikipasi yang luko bakarnyo itu,” tuturnya.

Beruntung ungkapnya, selama menjalani perawatan di RS tak mengeluarkan biaya. Karena ditanggung oleh Pemerintah Kota. Sementara kondisi Rista saat ini, sudah mulai membaik, tak lagi merasakan perih dan pedih. “Tiduknyo sudah nyenyak, makannyo jugo lah galak. Kalau kemarin-kemarin muntah, perut sakit kalau dikasih nasi,” jelasnya.

Atas perhatian yang diberikan oleh pihak RS, serta kerabat yang membantu mengurus adminstrasi untuk pengobatan hingga gratis Meriana menyampaikan terimakasih. “Alhamdulillah banyak yang peduli, Ibu Nunung Daud yang ngurus-ngurusnyo. Malah dia marah ngapo dak dari awal dikabari. Rumah Sakit juga alhamdulillah merawat Rista, pak dokternyo perawat semua baik,” imbuhnya.

Ia juga berterimaksih karena sudah ada donatur yang membantu Rista. Salah satu donatur yang memberikan sumbangan yakni dari Perwakilan Umat Budha Indonesia (WALUBI) Prabumulih. “Kami terimokasih, berharap Rista cepat sembuh. Rencanonyo ibu kalau Rista sudah sembuh dan balek, nak sukuran sebagai wujud sukur,” ungkapnya.

Disinggung terkait penjual sosis, dia menyampaikan bila pemilik sosis gorengan tersebut sama sekali tak bertanggung jawab. Bahkan, pasca kejadian suami istri penjual sosis tetap melanjutkan berjualan. “Idak samo sekali, malah sekolah yang peduli. Tapi waktu kami datangi lagi sorenyo, lah pegi mereka, kabur takut.. Cumo gerobaknyo bae yang ditinggalke,” tuturnya.

Sementara Rista, dengan berbaring di ranjang RS mengaku sudah mulai membaik. Ia tak lagi merasakan sakit dan pedih dilukanya. “Sudah dak pedih lagi, oleh lah diobati pak Dokter,” ungkpnya. Karena kejadian tersebut, Rista merasa trauma bahkan memutuskan untuk tak lagi membeli dan memakan sosis. “Dak galak lagi makan sosis, biarlah men jajan model tekwan bae, Sosis dan galak nian,” tegasnya yang diiyakan Meriani. (08)

Komentar

News Feed