oleh

Sasaran Tak Hadir Posyandu

-Kecamatan-12 views

Kader Sambangi Rumah Balita

GIB – Dari total balita, yang menjadi sasaran pemberian bulan Vitamin A. Tidak semua sasaran hadir dalam posyandu balita cendrawasih 2 , Kelurahan Gunung Ibul Barat (GIB) Kecamatan Prabumulih Timur, Senin (22/2/2021).

Nah, terhadap balita yang tak sempat hadir ini. Kader posyandu secara langsung mendatangi rumah sasaran, dengan membagikan Vitamin A. “Yang tak datang langsung kita samperin dari rumah ke rumah,” kata Lurah Kelurahan GIB Joko Arif menambahkan balita yang tak hadir karena berbagai alas an, diantaranya orang tua bekerja.

Dengan adanya kader posyandu kata Arif. Di Kelurahan GIB, dipastikan tidak akan ada sasaran yang luput dari pemberian Vitamin A. “Kader sudah ada data sendiri. Masing masing posyandu memiliki bank data tersendiri utk ibu hamil dan balita. Sehingga akan diketahui siapa yang tidak hadir, dengan begitu kader yang datang kerumah,” jelasnya.

Meski ada yang tak hadir, namun masih banyak orang tua yang antusias membawa anaknya untuk ke posyandu. “Yang datang banyak, ada 42 anak. Itu semua sudah diberi vitamin, kita turun langsung ikut memberikan vitamin,” tuturnya.

Arif menyampaikan, dengan rutin mengikuti program posyandu. Angka kematian ibu dan bayi bisa dicegah sedini mungkin. “Termasuk pengawasan terhadap stunting, ibu bisa dicegah sejak dini. Dan itulah peran posyandu tidak hanya sekedar nimbang berat badan, tapi hal lain juga,” tukasnya mengatakan penurunan stunting merupakan program Kelurahan untuk posyandu di wilayah kerja GIB.

Selain pemberian Vitamin A, Posyandu balita cendrawasih 2 juga melakukan giat imunisasi, penimbangan dan pelayanan SDIDTK (stimulasi,  deteksi,  dan intervensi dini tumbuh kembang anak).(08)

Komentar

News Feed