oleh

Sarankan Puasa Sunnah Djzulhijjah

-Metropolis-89 views

PRABUMULIH – Bulan Djzulhijjah, bulan menyambut lebaran korban atau Idhul Adha. Umat muslim disunnahkan, melaksanakan ibadah puasa sunnah Djzulhijjah selama 10 hari. Atau, puasa arafah selama tiga hari sebelum Idul Adha. Karena, Idhul Adha tahun ini jatuh pada 11 Agustus dan telah ditetapkan pemerintah. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag), Drs H Yeri Taswin dikonfirmasi membenarkan kalau Idul Adha akan ditandai sholat ied dan selanjutnya penyembelihan hewan kurban pada 11 Agustus mendatang.

“Sangat baik dan disunnahkan, untuk berpuasa Djzulhijjah selama 10 hari. Lalu, puasa arafah 3 hari menyambut Idul Adha. Bagi umat muslim melaksanakannya jelas menambah pahala,” ucapnya, Senin (5/8). Ungkap Yeri, penyembelihan hewan kurban batasnya hingga 3 hari setelah sholat ied. Artinya paling lambat 13 Agustus, bisa dilakukan. “Tidak hanya pada sholat ied, tetapi bisa 3 hari setelahnya. Untuk penyembelihan hewan kurban,” ujarnya.

Sambungnya, pada sholat ied tahun ini. Tidak ada perbedaan, perayaan Idul Adha pemerintah dan PP Muhammadiyah. Dan, penentuan Idul Adha telah lebih dahulu dilakukan. “Pemerintah dan PP Muhammadiyah, lebarannya sama kali ini. 11 Agustus mendatang, semuanya sholat Ied,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed