oleh

Sarankan Pakai Masker dan Kacamata Ketika Keluar Rumah

-Metropolis-76 views

PRABUMULIH – Beberapa hari belakangan ini, kabut asap menyelimuti Kota Nanas ini makin pekat.

Meski demikian, menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Ir Hj Dwi Koryana, secara kasat mata kondisi udara relatif aman.

Tetapi, ia mengimbau, warga tak keluar rumah. Kalau pun terpaksa, ingatnya sebaiknya memakai pelindung seperti masker dan kacamata.

“Kalau Palembang, memang kualitas udaranya tidak baik. Kalau Prabumulih, secara kasat mata masih normal kualitas udaranya. Meski, kabut sedikit tebal,” ujar Dwi, sapaan akrabnya kepada awak media, Rabu (16/10).

Ungkapnya, penggunaan masker dan kacamata. Sebagai langkah antisipasi gangguan pernapasan dan juga perih di mata akibat atau dampak kabut asap ini.

“Kalau keluar rumah, demi keamanan. Sebagainya memakai masker dan kacamata,” sarananya.

Masih kata dia, kabut asap ini disebabkan maraknya terjadi kebakaran lahan dan hutan (Karhutla). Tidak hanya di Prabumulih, juga kabupaten tetangga.

“Penyebabnya atau imbas kabut asap tebal ini, diduga akibat karhutla marak terjadi belakangan ini,” terangnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), dr H Happy Tedjo MPH melalui Sekretaris, dr Hj Hesti Widyaningsih MKes MARS sejuah ini belum ada peningkatan kasus penyakit gangguan pernafasan dan ispa akibat kabut asap.

“Kasus penyakit gangguan pernafasan dan ispa, masih relatif normal dan tidak ada peningkatan,” akunya.

Lanjutnya, sebelumnya sebagai antisipasi dan pencegahan dampak kabut asap, Dinkes telah membagikan masker kepada masyarakat.

“Hari ini (kemarin, red), kita juga membagikan sekitar seribu masker di Tugu Patung Kuda bersama Pemuda Pancasila,” tandasnya. (03)

Komentar

News Feed