oleh

Sampah Numpuk, Penyapu Jalan Lembur

-Metropolis-221 views

PRABUMULIH – Selama dua hari, perhelatan lomba gerak jalan memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73. Untuk membersihkan sampah mulai dari start di Jalan A Yani Kelurahan Prabu Jaya hingga finish di Pendopoan Rumah Dinas (Rumdin) Wali kota (Wako).

Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) yang menaugi pasukan biru (petugas kebersihan), menerjunkan sekitar 30 penyapu jalan dan 3 truk sampah.

Sebanyak 30 penyapu jalan dan 3 truk sampah dilemburkan selama dua hari lomba gerak jalan ada uang lemburnya. Kita ada bantuan Pemkot, tetapi besarannya belum tahu," ujar Kadis Perkim, Toni Salfriansyah SH kepada koran ini, kemarin (13/8).

Diprediksi, kata dia pelaksanaan lomba gerak jalan tersebut selesai sekitar pukul 11.00 WIB. Setelah itu, sampah yang ada dijalur lomba gerak jalan langsung diberikan petugas.

“Meski, lomba gerak jalan usai sebelum jam 11.00 WIB. Tetapi, penyapu jalan dan truk sampah tetap kita lemburkan. Apalagi, anggarannya memang ada,” kata Toni.

Sambungnya, setiap usai lomba gerak jalan. Semua sampah di jalanan, harus bersih sehingga tidak menganggu pemandangan jalan dan Prabumulih terkesan kotor.

“Pokoknya usai lomba gerak jalan, sampah di jalanan jalur lomba gerak jalan harus bersih seperti sedia kala. Sehingga, keesokan harinya kota ini kembali bersih dan enak dipandang,” tambahya.

Bebernya, sampah yang dihasilkan oleh peserta dan penonton lomba gerak jalan tidak akan terlalu banyak. Hal itu, kata dia belajar dari tahun lalu lomba gerak jalan menggunakan rute yang sama.

“Apalagi, rute jalurnya tidak terlalu panjang lagi sekarang,” tukasnya. (03)

News Feed