oleh

Sampah Masih Menumpuk

-Kecamatan-32 views

Daswan: Perwako tak Jalan

PRABUMULIH – Keberadaan sampah yang menumpuk di Jalan Sudirman masih sering dijumpai di Kota Prabumulih.

Salah satunya seperti di Jalan Sudirman tepatnya samping Arli motor. Hal ini tentu sangat disayangkan, sebab selain merusak pemandangan di Jalan Sudirman kota Prabumulih merupakan kota yang meraih Adipura.

“Sampah itu kadang sampai meluber-luber, harusnyo itu rutin diangkat pagi atau sore. Kalau dulu itu galak numpuk di samping SD, sekarang dak lagi,” kata Apri salah satu warga Kelurahan Prabumulih.

Daswan selaku Sekertaris Dinas Perkim mengutarakan, masih banyaknya sampah menumpuk dikarenakan tak berjalannya peraturan walikota (Perwako) Kota Prabumulih nomor 19 tahun 2010 tentang kebersihan. “Perwako itu tegas mengatakan, sampah yang ada di Kelurahan menjadi tanggungjawab pihak kelurahan sementara yang ada diwilayah kecamatan menjadi tanggungjawab kecamatan,” terangnya.

Untuk mendukung perwako tersebut kata dia, pemerintah telah memberikan bantuan berupa motor pengangkut sampah ditiap kelurahan. “Tapi memang jumlahnya masih kurang, dan mereka bisa mengajukan dalam hal ini ke DLH,” tuturnya.

Disinggung mengenai tugas Perkim, ia menegaskan perkim juga mengangkut sampah. Namun, hanya ditempat tertentu. “Yakni Jalan Sudirman, pusat kota dan yang kami siapkan kontainer. Itu tugas kami yang mengangkutnya. Sementara sampah yang ada di Kelurahan itu tugas kelurahan,” pungkasnya.(08)

Komentar

News Feed