oleh

Sampah Bukan Hanya Tanggung Jawab Pemerintah

-Kecamatan-50 views

PRABUMULIH – Aksi pungut sampah dan berbagai lomba seperti lomba lukis, puisi dan musik 3R serta lainnya mewarnai peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS), Minggu (8/3).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Ir Hj Dwi Koryana menerangkan, lewat HPSN dan HLHS ini diharapkan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang sampah. Khususnya, pengelolaannya bagaimana cara menguranginya. Karena, sampah menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan. Tidak hanya menimbulkan bau busuk, tetapi juga banjir dan bibit penyakit serta lainnya.

“Soal sampah tanggung jawab semuanya, bukan hanya pemerintah saja. Termasuk masyarakat dan juga perusahaan harus ikut andil dalam mengatasi sampah ini,” akunya kepada awak media.

Khususnya, kata dia, bukan menjadi tanggung jawab Dinas Perkim dan DLH yang mengurusi masalah sampah ini. “Kita juga mengajak masyarakat untuk stop penggunaan kantong plastik, dan membagikan body bag 3R sebagai penggantinya. Karena bisa digukan berkali-kali,” ujarnya.

Lanjutnya, soal aksi pungut sampah sendiri merupakan kegiatan rutin dilaksanakan Pemkot bersama masyarakat di hari-hari besar. Tujuannya, tidak lain untuk melibatkan masyarakat dalam mengurangi sampah khususnya di Kota Nanas ini.

“Demikian berbagai lomba kita gelar, hanya menyemarakkan HPSN dan HLHS saja. Untuk menanamkan sejak dini, agar anak-anak dan anak baru gede (ABG) pentingnya mengelola sampah dan jangan membuang sampah sembarangan,” tukasnya. (03)

Komentar

News Feed