oleh

Sambangi Pure, Pantau Perayaan Nyepi

 
PRABUMULIH – Memastikan perayaan nyepi tahun ini berjalan lancar dan kondusif, Kapolres Prabumulih AKBP Tito Hutauruk SIk MH bersama Kapolsek Rambang Kapak Tengah (RKT), Iptu Vedria Sukri meninjau langsung dengan menyambangi Pure Jagad Nata Udiyana di Unit 7 Desa Karya Mulia, Rabu sore (6/3).

Di sela-sela umat hindu melaksanakan ibadah mencaro taur agung kesanga (pengerupukan) atau pembersihan buana alit (pembersihan diri) dan buana agung (pembersihan alam semesta). Selain melakukan pemantauan situasi dan kondisi (sikon), menyempatkan diri bersilaturahmi dengan warga merayakan nyepi tersebut.

“Selamat hari raya nyepi kepada umat hindu yang ada di Desa Karya Mulia,” kata Kapolres di sela-sela kunjungan tersebut.

Tak lupa, ia mengingatkan, khususnya umat hindu di Desa Karya Mulia agar menjalankan catur brata dengan baik. “Semoga mendapatkan keberkahan dari sang pencipta alam di hari nyepi ini,” pesannya.

Sementara itu, Ketua PHDI Hindu, I Nyoman Suwijan menyampaikan, terima kasihnya telah dilakukan upaya pengamanan dalam rangka hari raya nyepi tahun ini, supaya berlangsung lancar dan aman.

“Rangkaian kegiatan perayaan nyepi. 6 Maret, mencaro taur agung kesanga. Lalu, 7 Maret catur brata, penyepian. Yaitu, tidak menyalakan api, tidak bepergian, tidak menikmati hiburan, dan tidak beraktiviras,” sebutnya.

Rincinya, ibadah mecaro taur agung kesanga. Meliputi; upacara ayam brumbun ditujukan kepada bumi pertiwi, dan upacara tileman bertujuan untuk mensucikan diri dari dosa.

“Upacara tersebut dilaksanakan, sebelum catur brata. Dimana, ibadah catur brata umat hindu diwajibkan tidak beraktivitas seperti biasa. Baik, menyalakan api, bekerja atau maupun hal lain yang dilarang. Selama catur brata, umat hindu hanya melaksanakan puasa dan berdiam diri di dalam rumah,” ucapnya.

Nah, akunya pada 8 Maret besok (hari ini) dilaksanakan, ngembak geni (pembukaan), berupa memulai aktivitas seusai ibadah catur brata.

“Artinya, perayaan nyepi sudah usai. Dan, warga beraktivitas seperti sedia kala,” tambahnya. (03)

News Feed