oleh

Salurkan Alsintan, Dorong Hasil Pertanian Meningkat

PRABUMULIH – Pemerintah Kota Prabumulih kembali menyalurkan Bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) di awal 2021. Bantuan dari Kementerian Pertanian itu diserahkan Walikota (Wako) Ir H Ridho Yahya MM, Senin (4/1/2020).

Wako, Ir H Ridho Yahya MM mengatakan, bantuan Alsintan berupa traktor, mesin pengairan, dan lainnya. Diharapkan, bisa dimanfaatkan secara maksimal dan optimal guna meningkatkan kesejahteraan pertani dalam mendorong ekonomi masyarakat Prabumulih.

“Alsintan diberikan benar-benar digunakan, dan jangan dijual. Kalau bermanfaat, jelas petani akan sejahtera dan sebaliknya,” ujar Ridho, sapaan akrabnya, Senin.

Sambungnya, bantuan Alsintan ini merupakan usulan Pemerintah kota (Pemkot) melalui Dinas Pertanian. Dan, juga bentuk perhatian pemerintah memperhatikan kesejahteraan petani dan perekonomiannya.

“Di tengah pandemi Covid-19 ini, kita berharap petani dapat terus mengelola tanahnya dan terus bercocok tanam. Sehingga, bisa menunjang ketahanan pangan masyarakat di situasi sekarang ini,” jelasnya.

Lanjutnya, setiap tahunnya Pemkot sendiri terus berupaya melobi dana pusat untuk mendapatkan bantuan. Salah satunya, bantuan Alsintan ini hasil usaha Dinas Pertanian.

“Kalau mubasir, dan tidak termanfaatkan jelas petani sendiri yang rugi. Kita terus berupaya melobi pusat, agar Prabumulih terus bisa membangun tidak hanya pembangunan fisik. Tetapi, juga pembangunan non fisik,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Ir H Pribadi Roso Sarosa menambahkan, data penerima Alsintan ini terlebih dahulu diverifikasi.

“Sehingga, benar-benar tetap sasaran. Dan, Alsintan diberikan bisa bermanfaat dan meningkatkan hasil pertanian di Kota Nanas ini,” beber Pribadi.

Ucapnya, Dinas Pertanian sendiri setiap tahunnya berupaya melobi pusat untuk mendapatkan dana. Dalam rangka menjalankan program kerja, untuk mewujudkan visi misi Pemkot.

“Kita upayakan, setiap tahunnya banyak bantuan mengalir dari pusat untuk Bumi Seinggok Sepemuyian ini,” tutupnya.

Bantuan Kementan Anggaran 2020 tersebut, meliputi; pompa air 6 inci 10 unit untuk brigade, pompa air 4 inci 10 unit untuk brigade, pompa air 3 inci 25 buah untuk 20 brigade dan 5 kelompok, cultivator 10 unit untuk brigade, power threser (perontok padi) 2 unit untuk brigade, dan bantuan peralatan pengolahan hasil stimulus Covid Direktorat PBM KKP 13 kelompok. Selain, Komentan ada juga bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). (03)

 

Komentar

News Feed