oleh

Sajikan Dodol, Hingga Lauk Kerbau untuk Tamu

-Kecamatan-28 views

PANGKUL – Desa Pangkul, Kecamatan Cambai kembali memperingati hari jadinya ke-742 tahun ditandai dengan sedekah dusun, mengelar syukuran dan pembacaan yasin, Minggu (20/12/2020).

Selain dihadiri oleh masyarakat setempat, Wali Kota Ir H Ridho Yahya MM, Staff Ahli Gubernur H Rasidin MpdI juga hadir dalam HUT Pangkul tersebut.

Nah, setiap sedekah dusun masyarakat Desa Pangkul selalu menyiapkan kudapan khas yakni dodol. Selain itu, lauk pauk atau gulai mulai dari kerbau, sapi, dan ayam menjadi menu hidangan bagi para tamu.

Menurut sejumlah warga Pangkul, setiap perayaan sedekah dusun disebut lebih meriah dan persiapan lebih repot dibanding saat lebaran. “Kalau makanan, atau lauk lauk, lebih banyak saat sedekah dusun dari lebaran,” kata Syamsul salah satu warga.

Bahkan kata dia, biasanya para tamu yang bersilaturahmi ke rumah tak pernah sepi dari siang hingga sore bahkan malam hari. “Selain warga desa,kerabat teman teman dari luar desa juga datang. Kita sajikan makanan, mulai dari nasi hingga makanan ringan,” lanjutnya mengatakan untuk lauk ada rendang Kerbau.

Untuk kerbau sendiri ungkap Syamsul, setidaknya ada 4 kerbau yang dipotong dalam perayaan sedekah dusun tahun ini. “Dimasaknya macam-macam, ada yang dipindang, direndang. Lebaran kadang motong juga, tapi kalau sekedah dusun selalu motong dan lebih banyak,” ucap pria yang berdinas di ruang Sekda pemkot ini.

Kepala Desa (Kades) Pangkul, Jakaria SH mengajak seluruh masyarakatnya guna membangun Desa Pangkul bersama-sama.

“Jadikan Desa Pangkul lebih baik dan sejahtera. Kerja keras kita, Desa Pangkul jadi percontohan ke depannya,” ungkap Jaka Pangkul, sapaan akrabnya di sela-sela sedekah dusun tersebut.

Ia menuturkan, sedekah dusuh sebagai bentuk rasa syukur kepada sang pencipta. “Selain itu, mendoakan pendahulu telah membangun Desa Pangkul lewat syukuran dan pembacaan yasin serta doa,” ujarnya berharap bisa mewujudkan Desa Pangkul menjadi desa maju lagi.

Sementara Staff Ahli Gubernur, H Rasidin MPdI mengatakan, selamat hari jadinya ke 742 Desa Pangkul.“Semoga Pangkul lebih maju dan baik lagi, amin,” ucapnya mendoakan.

Rina salah satu pegawai Pemkot Prabumulih, mengaku hampir setiap tahun meramaikan sedekah dusun Desa Pangkul. “Kalau sedekah dusun Pangkul, setiap rumah yang didatangi kita pasti dijamu makan nasi. Malah rata-rata rumah ada yang nyediakan daging kerbau. Kita walaupun bulan dari Pangkul, ikut merasakanlah kegembiraan masyarakat Pangkul,” katanya

Siti Kholifa, salah satu warga dari Kelurahan Gunung Ibul mengaku ikut bersilaturahmi dengan masyarakat Pangkul. Menurutnya, perayaan sedekah dusun sangat ramai.“Iyo tadi kami rombongan, kawan banyak yang makan daging kerbau.Kalau aku dak berani makan kerbau,” tukasnya yang salut dengan kekompakan masyarakat Pangkul.

Pantauan koran ini, sejak siang masyarakat dari luar desa ramai berkunjung ke Desa Pangkul. Meski demikian, masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker.(08/03)

 

Komentar

News Feed