oleh

Rutin Posyandu, Satu Bulan Satu Kali

-Metropolis-12 views

 

 

Lansia Dipijat Akupresur

MAJASARI – Untuk mengontrol kesehatan ibu dan bayi, Dinas Kesehatan Kota Prabumulih melalui Poskesdes dibawah naungan Puskesmas rutin melaksanakan Posyandu.

Seperti di Kelurahan Majasari Kecamatan Prabumulih Selatan, Kamis (17/12/2020) posyandu digelar di RW 4. “Alhamdulillah, masyarakat terutama ibu-ibu yang punya anak balita makin sadar untuk ke posyandu. Petugas posyandu dan kader posyandu kita sangat aktif,” kata Lurah Kelurahan Majasari Inggit Damayanti SE.

Kepala Puskesmas Tanjung Raman Wahyuni Eka Septika SKM Mkes, kepala Pustu Irene Apriliana AMKep melalui staf poskosdes Majasari Sugiyanti menuturkan untuk wilayah Majasari 1 bulan 1 kali diadakan posyandu. “Kita sudah ada jadwal, dalam 1 bulan setiap RW 1 kali. Termasuk posyandu balita, lansia dan bina keluarga lansia,” katanya.

Yanti-saapan akrabnya- menuturkan, sejauh ini masyarakat wajib posyandu rutin hadir melakukan pemeriksaan. “Yang punya anak bayi dan balita rutin datang, yang anaknya masih diimunisasi. Begitu juga lansia, rutin periksa. Kalau ada yang sakit, obat kita kasih,” ujarnya.

Diakui Yanti, terkadang ada peserta posyandu yang “mangkir” hadir saat jadwal posyandu. Nah, bagi peserta yang 3 kali berturut turut tak hadir, ungkap dia akan didatangi langsung ke rumah. “Kita datangi ke rumahnya, baik secara formal atau tidak. Kita tanyakan langsung kendala apa. Dan alhamdulillah, mereka tidak hadir kadang karena anak demam, atau lagi ada kesibukan dan lupa,” jelasnya.

Lebih jauh ia menyampaikan, khusus untuk lansia selain ada pemeriksaan rutin seperti tensi darah. Juga diberikan pengobatan tradisonal yakni pijat Akupresur. Yang merupakan teknik pijak menekan titik-titik tertentu pada tubuh dipercaya bisa mengatasi penyumbatan aliran energi. “Disamping obat kita berikan cara pengobatan dengan toga. Yakni Akupresur, kalau misal yang sakit kepala atau bagian tertentu sakit kita pijat searah jarum jam sebanyak 30 kali. Teknik ini sekaligus mengajarkan, agar ditiru saat di rumah,” tukasnya.(08)

 

Komentar

News Feed