oleh

Rusak, Motor Sampah Tanggung Jawab Kelurahan

PRABUMULIH – Tak sedikit kelurahan yang mengeluhkan kondisi motor sampah yang rusak. Betapa tidak, akibat motor sampah rusak angkutan sampah langganan milik masyarakat belum sepenuhnya tercover.

Nah, terkait itu Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Bustomi SE MSi,  melalui Kabid penyehatan lingkungan permukiman Muslim SE menegaskan motor sampah yang rusak menjadi tanggung jawab dari pihak kelurahan.

“Karena itu sudah ada serah terimanya, sehingga kalau ada kerusakan menjadi tanggung jawab masing-masing kelurahan,” kata Muslim.

Dikatakan Muslim, kebanyakan motor sampah yang rusak karena belum maksimalnya pengawasan, dan ketegasan dari kelurahan. “Harusnya lurah juga tegas, mengawasi setiap motor sampah yang ada. Harus rutin di cek, keberadaan motor sampah harus diketahui. Petugas sampah juga harus rutin melapor karena itu asset,” ungkapnya.

Ia juga masih menyayangkan, masih ada saja oknum petugas motor sampah yang menggunakan motor sampah untuk keperluan pribadi. “Ini yang harus jadi perhatian,  keberadaan motor sampah harus jelas. Apa memang digunakan sebagaimana mestinya. Karena ada laporan yang dipakai sendiri,” jelasnya.

Lebih jauh Muslim menegaskan, terhadap operator motor sampah yang tak bertanggung jawab untuk ditertibkan. “Rutin awasi, yang makai jangan terlalu dibebaskan. Harus ada ditangan yang tepat,” tuturnya.

Disinggung terkait berapa ideal, motor sampah untuk kelurahan? “Itu kelurahan yang bisa menentukan, karena sesuai kebutuhan yang ada di Kelurahan,” tukasnya.(08)

Komentar

News Feed