oleh

Rumah Suparjo Ludes Terbakar

-Metropolis-86 views

PRABUMULIH – Kebakaran hebat kembali terjadi, Sabtu (24/8), sekitar pukul 15.00 WIB menimpa rumah Suparjo (48), tercatat sebagai warga Jalan Aur gang Banda RT 03/RW 07 Kelurahan Muara Dua, Kecamatan Prabumulih Timur. Penyebab kebakaran rumah Pakde Parjo diduga karena kebocoran gas di rumahnya tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, tetapi korban mengalami kerugian sekitar Rp 300 juta. Dan juga mengalami luka bakar karena dilalap api.

Kejadian kebakaran tersebut, jelas membuat heboh warga sekitar yang coba membantu memadamkan api. Informasi dihimpun koran ini dari lokasi kejadian, kalau kebakaran ini bermula ketika korban sedang duduk santai di ruang tamu. Mendadak mendengar suara dentuman dari samping rumah, lokasi pipa gas diduga bocor menjadi pemicu api.

INSERT : Korban dirawat petugas PSC 119 akibat mengalami luka melepuh karena kebakaran rumahnya. Foto : Rian/PP

“Sebelum kejadian aku sedang duduk bersandar di kursi di ruang tamu, tibo-tibo bae. Api bedebul dari samping rumah, itungan menit api membesar,” akunya kepada awak media dan petugas ketika dikonfirmasi masalah kronologis kejadian. Disebutkannya, kalau ketika kejadian memang dirinya sendirian. Istrinya tengah ke Palembang, dan anaknya bekerja. Mengetahui rumahnya terbakar, dirinya berupaya menyelamatkan diri keluar rumah. Meski berhasil keluar, korban mengalami luka bakar di sekujur tubuhnya.

“Katek pacak diselamatkan, tinggal baju di badan inilah. Untung pacak nyelamatke diri. Api sempat kenoi badan aku, mako tangan aku kena luko bakar dikit,” ucapnya. Di sela-sela kebakaran itu, untungnya ada petugas PSC 119 datang dan langsung mengobati luka bakar akibat kejadian kebakaran menimpanya. Tetangga korban, Yasman (42) menuturkan, kalau dirinya tahu api sudah diatas bubungan rumah korban. Selain itu, bau gas sangat menyengat di rumah korban diduga sebagai penyebab sumber kebakaran.

“Sempat disiram banyu tapi dak padam – padam, akhirnya warga nyiram pake pasir. Baru ngecik-ngecik, abis itu api mati. Dari dalam rumah, pakde lah teriak-teriak api-api,” terangnya. Untuk memadamkan api, sebelum mobil pemadam kebakaran datang. Warga bahu membahu memadamkan api, setelah petugas datang 2 mobil langsung memadamkan api rumah warga hangus terbakar tersebut.

“Dak lamo, mobil pemadam dan petugas datang ke lokasi. Nyiram air sampai api mati,” tukasnya. Pantauan koran ini, tidak hanya petugas pemadam kebakaran. Tetapi, sejumlah petugas dari kepolisian tampak ke lokasi kejadian untuk mengumpulkan data dan informasi, seputar kejadian menimpa korban.

Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIk MH dikonfirmasi melalui Kapolsek Prabumulih Timur, AKP Alhadi Alamsyah SH didampingi Kanit Reskrim, Ipda Hendra Jaya membenarkan kejadian tersebut. “Betul tadi ada kebakaran, anggota sudah ke lokasi kejadian. Untuk pengamanan TKP, selain itu mengumpulkan informasi dan keterangan seputar kejadian,” bebernya.

Diakuinya, akibat kejadian itu korban mengalami kerugian ratusan juta. Karena, seluruh harta bendanya ludes terbakar. Selain itu, kata dia, soal penyebabnya sekarang ini masih dalam proses lidik kepolisian. “Belum jelas, penyebab kebakaran. Masih kita selidiki,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed