oleh

Rudianto Terpilih Kades Hasil PAW

-Kecamatan-66 views

PRABUMULIH – Rudianto terpilih sebagai Kepala Desa (Kades) dalam pemilihan Kades Pengganti Antar Waktu (PAW) di Balai Desa Tanjung Telang Kecamatan Prabumulih Barat.

Ia terpilih setelah memenangkan suara terbanyak, dari hasil pemilihan yang dilakukan oleh perangkat yang ada di desa Selasa (17/3).

Dalam pemilihan yang dilakukan oleh 18 perangkat tersebut, Rudianto nomor urut 1 berhasil menggungguli calon lainnya. Yakni dengan mengantongi 9 suara, sementara Rusdiyanto nomor 3 meraup 6 suara. Sedangkan nomor urut 2 Supriyadi hanya mendulang 2 suara, dan satu calon lainnya yakni Muslimin nomor urut 4 tak mendapat suara.

“Seluruh anggota tadi sepakat diadakan pencoblosan, dan hasilnya Rudianto mendapat suara terbanyak yakni 9 suara,” kata ketua panitia pilkades PAW Juaman saat dikonfirmasi usai pilkades PAW.

Nah, dengan telah dilakukannya pilkades PAW kata Juaman, pihaknya akan melaporkan hasil kegiatan ke BPD. “Yang selanjutnya nanti ke Kecamatan untuk diteruskan ke Kota dalam hal ini DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa),” ucapnya.

Tahapan laporan hasil pilkades PAW ungkap Juaman, kemungkinan baru akan disampaikan hari ini. “Untuk hari ini kami masih harus istirahat dulu, jadi prosesnya mungkin besok (hari ini,red) atau lusa untuk laporan ke BPD dulu,” ujarnya mengatakan pilkades PAW berjalan lancar.

Kepala DPMD A Fauzan A SSTp MM melalui Kabid Pemerintahan Desa (pemdes) Fatkhan Mubina SKm MSi mengutarakan,  untuk penetapan kades PAW biasanya paling lama 30 hari setelah pemilihan. “Ada beberapa tahapan, laporan dari BPD disampaikan ke Camat untuk disampaikan ke DPMD. Dan untuk penetapan paling lama 30 hari ditetapkan sebagai kades,” ungkapnya.

Disinggung terkait kewenangan kades hasil PAW, Fatkhan mengatakan kades PAW memiliki kewengan yang sama dengan kades terpilih oleh masyarakat. “Sama dengan kades. Hanya saja masa jabatan sampai 2021,” ucapnya.

Kendati memiliki kewengan seperti kades, kades PAW beber Fatkhan tak memiliki kewenangan untuk mengganti perangkat desa, lantaran harus mendapat persetujuan dari Camat. “Menurut aturan kalau mengganti perangkat tidak bisa, karena sifatnya meneruskan artinya meneruskan, termasuk program-program yang sudah ditetapkan,” tukasnya.

Sekedar mengingatkan, Kades Tanjung Telang terpilih periode 2015-2021 Sudianto mengundurkan diri lantaran stroke yang dideritanya. Nah, sejak mengundurkan diri, Pemerintah Kota menunjuk Sekcam Prabumulih Barat Edi Suanto SE MSi sebagai Pjs. Dalam penunjukan tersebut, Pjs diberi waktu paling lama 6 bulan untuk mencari PAW Kades Tanjung Telang (08)

 

Komentar

News Feed