oleh

RSUD Kekurangan Dokter Spesialis. Terpaksa Datangkan dari Palembang

-Metropolis-216 views

PRABUMULIH – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prabumulih masih kekurangan dokter spesialis maupun dokter umum. Mengatasi kekurangan itu RSUD terpaksa harus mendatangkan dokter spesialis dari luar kota. Kepala Dinas Kesehatan dr H Happy Tedjo S MPh mengatakan, dokter spesialis yang didatangkan dari Palembang tersebut yakni dokter jiwa, dokter saraf, dokter jantung dan rontgen. “Itu jadwalnya 1 minggu sekali, dibayar dari BLUD RS. Sementara sekarang dokter rontgen sempat ada tapi meninggal dunia,” kata Tedjo.

Selain di RSUD, kata dia, dokter dipelayanan kesehatan lain juga masih mengandalkan tenaga honorer. “Seperti di layanan PSC (Public Safety Center), itu belum PNS. Kemudian untuk poli klinik di Pemkot itu belum ada juga dokternya, masih dari puskesmas Cambai,” terangnya. Tenaga dokter juga diperlukan untuk mengisi balai TB Paru, yang ada di Kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat. “TB Paru itu nanti paling tidak harus 2 dokter umum,” ucapnya.

Dinas kesehatan ungkap Tedjo, sudah menyampaikan 7 dokter untuk pengajuan CPNS. Namun hingga saat ini belum menerima balasan. “Ya dokter spesialis tadi, sama dokter umum juga. Kita usulkan, kalau biaya untuk datangkan dokter sendirikan anggaran kita terbatas,” ungkapnya. Nah, disinggung untuk dokter yang ada di 9 Puskesmas? Menurut dr Tedjo saat ini jumlah dokter umum sudah cukup. “Dokter di Puskesmas sudah banyak dan cukup,” tukasnya. (08)

Komentar

News Feed