oleh

RKT Rawan Narkoba, BNN Sambangi Sekolah-Kelurahan

PRABUMULIH – Dikategorikan sebagai daerah rawan narkoba, karena merupakan daerah perbatasan dengan kabupaten tetangga dan juga perlintasan, Rambang Kapak Tengah (RKT) menjadi sasaran program sambang sekolah dan kelurahan Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Ini kelanjutan dari program asistensi penguatan wawasan anti narkoba sebelumnya, pelajar sebagai salah satu korban yang menjadi sasaran narkoba. Kita berikan penyuluhan, agar paham dan mengerti untuk menjauh narkoba. Sekolah yang kita sambangi SMAN 4, karena sekolahnya merespon baik program kita,” ujar Kepala BNN, AKBP Edy Nugroho SE ketika dikonfirmasi koran ini, kemarin.

Ungkapnya, sekolah yang disambanginya tersebut. Telah dilakukan tes urine, dan bersyukur belum ada yang terindikasi pengguna narkoba. “Sekitar 20 pelajar, kita lakukan tes urine. Bagian dari langkah pencegahan, jika ada bisa kita lakukan rehabilitasi,” tandasnya.

Sementara itu, masih banyaknya pagelaran organ tunggal di lokasi tersebut. Turut menjadi penyebab, rawannya terjadi peredaran narkoba di Kelurahan Tanjung Rambang, Kecamatan RKT.

“Kita ingatkan lurah, untuk mendukung pencegahan dan pemberantasan di wilayahnya. Setidaknya, mengurangi pageran organ tunggal hingga malam hari. Selain itu juga, meminta pihak kelurahan melakukan penyuluhan bahaya dan dampak narkoba,” bebernya.

Sementara itu, Kasi Dayamas, M Satrio SKM menambahkan, kalau kegiatan tersebut upaya preventif, preemtif dan refresif berkaitan dengan Undang-undang (UU) No 35/2009.

“Untuk memberikan pehamaman kepada pelajar dan masyarakat, begitu bahayanya peredaran narkoba. Bukan hanya itu saja, selain merugikan juga bisa menghancurkan massa depan dan hidup menggunakan narkoba,” bebernya. (06)

News Feed