oleh

Ribuan Pelajar Diajak Tapak Tilas Sejarah Kemerdekaan Indonesia

-Nasional-8 views

 

 JAKARTA –Pusat Penguatan Karakter (Puspeka), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar Tapak Tilas Sejarah Pergerakan Kemerdekaan Indonesia.

Kegiatan ini untuk menumbuhkembangkan apresiasi kaum muda terhadap sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia.  Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Na`im mengatakan, Tapak Tilas virtual ini merupakan rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Ada banyak kegiatan dilaksanakan untuk menumbuhkan apresiasi para pelajar terhadap pergerakan kemerdekaan Indonesia yang dilakukan para pemuda.

“Meskipun di tengah suasana pandemi tidak menjadi penghalang untuk kita terus belajar dan kreatif,” kata Ainun Na`im dalam sambutannya saat membuka Tapak Tilas virtual, Sabtu (31/10). Pada kesempatan sama, Kepala Puspeka Kemendikbud, Hendarman, mengungkapkan, awalnya peserta dibatasi sebanyak 4000. Namun melihat animo yang cukup besar, kapasitas peserta ditambah sehingga tercatat sekitar 4800 peserta siswa maupun mahasiswa yang mengikuti mengikuti acara ini.

“Meskipun pelaksanaan acara di hari Sabtu, ketika adik-adik, teman-teman sekalian seharusnya berlibur bersama keluarga tetapi dengan penuh semangat mengikuti acara di hari ini,” kata Hendarman dalam laporannya. Hendarman menjelaskan, dalam kegiatan bertema Pemuda Hebat, Pemuda Berkarakter ini, para peserta diajak mengunjungi tiga museum secara virtual yaitu Museum Kebangkitan Nasional, Museum Sumpah Pemuda, dan Museum Naskah Perumusan Proklamasi. Di akhir acara, para peserta diharapkan membuat laporan akhir bertemakan Sumpah Pemuda berdasarkan  hasil keikutsertaannya dalam acara ini.

Atlet muda panjat tebing nasional, Aries Susanti Rahayu pun turut hadir memotivasi para peserta didik yang hadir pada Tapak Tilas virtual. Aries mengatakan, setiap ucapan negatif di sekitar yang meremehkan dirinya, justru memacu dia untuk berprestasi bahkan sampai ke tingkat nasional.

“Pesan saya, tanamkan nilai Pancasila dalam diri kita, terutama Persatuan Indonesia. Sebagai anak muda harus bersatu memajukan Indonesia. Kalau saya, dengan cara olahraga. Kalian juga bisa berprestasi akademik atau seni. Tidak ada yang tidak mungkin. Kalau kita usaha keras, pasti kita bisa mencapai impian kita,” kata Aries. (esy/jpnn)

 

Komentar

News Feed