oleh

Resmikan Bangunan Swadaya, “PR” Sarana Olahraga

-Kecamatan-17 views

PRABUMULIH – Dipenghujung tahun, Kelurahan Gunung Ibul Barat (GIB), Kecamatan Prabumulih Timur meresmikan tiga pembangunan baru pada Senin (21/12/2020).

Tiga tempat yang diresmikan tersebut yakni, kampung berkualitas di lokasi yang sebelumnya merupakan TPS liar dikawasan rel. Kemudian peresmian jembatan yang dibangun swadaya dan dibantu donatur. Serta, persemian  gedung posyandu cendrawasih jalan mentawai RT 02.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Wali Kota Ir H Ridho Yahya MM, Kepala Dinas PU, Dinas Perkim, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas KB. Hadir pula Ketua TP PKK Kota dan sejumlah Lurah yang ada di Kota Prabumulih.

Wali Kota Ir H Ridho Yahya MM, sangat mengapresiasi inovasi dari masyarakat kelurahan GIB. Terlebih, selain telah menyulap lahan kosong tempat sampah menjadi taman dan KWT, GIB mampu membuktikan pembangunan tanpa menggunakan APBD dengan membangun Posyandu.

Hadir Ketua TP PKK Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu dan Wakil TP PKK yang juga memotong pita sebagai peresmian gedung posyandu. Foto: Ro/prabu pos

“Ini untuk memotivasi yang lain, ternyata tanpa APBD dapat menggerakkan masyarakat dengan ikhlas membangun. Itu yang kita ambil bukan nilai bangunannya tapi manfaatnya,” ujar Ridho saat dibincangi wartawan.

Dilanjutkannya, dengan adanya gerakan dari kelurahan masyarakat akan mendukung pembangunan meski ada keterbatasan. “Artinya masyarakat mau,sepanjang dia jelas peruntukannya dan memang Lurah menjadi simbol menjadi terdepan dalam mengajak warganya,” lanjutnya.

Sementara terkait lahan di pinggir rel yang disulap menjadi taman mini. Menurut Ridho, hal itu tergantung dari inovasi dari pemerintah setempat. “Tergantung lurah masing-masing, kalau tidak dihinakan apa salahnya kita manfaatkan untuk tanaman obat keluarga, bioflok agar lebih produktif dari pada harus jadi tempat buang sampah,” tukasnya.

Sementara Lurah GIB Joko Arif, didampingi Ketua TP PKK kelurahan Hana Monica menuturkan, tiga sarana yang diresmikan tersebut merupakan hasil swadaya masyarakat. “Tanpa masyarakat dan dukungan donatur tidak akan terwujud, kami sangat berterimakasih,” imbuhnya.

Kedepan sambung Arif, pihaknya masih memiki PR (pekerjaan rumah), untuk lokasi dan pembagunan sarana prasarana olahraga. Dengan demikian, nantinya GIB akan lebih fokus untuk tempat olahraga. “Tinggal nanti bangun tempat olahraga. Kalau untuk inovasi itu kita lihat potensi di masing-masing RT,” tukasnya.(08)

Komentar

News Feed