oleh

Rencana Simulasi AKM Kembali Ditunda

PRABUMULIH – Rencana pelaksanaan simulasi Assesmen Kompetensi minimum (AKM) ditingkat SMP dan SD kembali ditunda.

Hal ini seperti disampaikan Kepala Bidang Pembinaan SMP Nopri Adison SPd MSi  melalui kasi Peserta Didik Bidang Pembinaan  SMP, Agus Apriatno ST kemarin.

Menurut Agus pelaksanaan Asesmen Rencananya akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, namun karena pelaksanaan asesmen nasional dimundurkan dari sebelumnya bulan September menjadi bulan oktober,  sehingga pelaksanaan simulasi juga ikut ditunda.

“Semestinya sekarang jadwalnya simulasi,  namun karena pelaksanaan Assesmen Nasional ditunda, jadi simulasi juga belum. Untuk jenjang pendidikan SMP, Insya Allah semua sekolah sudah siap melaksanakan simulasi dan melaksanakan asesmen secara mandiri,” jelasnya.

Namun Agus mengatakan, sekolah yang belum terakreditasi belum bisa melaksanakan asesmen secara mandiri sehingga harus menumpang ke sekolah lain. “Untuk sekolah yang belum terakreditasi yang tidak bisa melaksanakan asesmen secara mandiri, maka bisa menumpang ke sekolah lain sekolah terdekat,” bebernya.

Diketahui assesmen merupakan upaya pemetaan mutu pendidikan yang akan dilihat dari beberapa peserta perwakilan kelas 8 untuk SMP dan kelas 5 untuk jenjang pendidikan SD.

Adapun perbedaan soal UN dan AKM pada Asemen Nasional. Pertama, dilihat dari aspek format soal pada UN pilihan ganda dan isian singkat, sementara di AKM pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian.

Lalu aspek komposisi dimana untuk UN pengetahuan 40%, aplikasi 40%, penalaran 20%. Sementara pada AKM pengetahuan 20%, aplikasi 50%, penalaran 30%. Kemudian aspek konteks pada UN, 50% soal UN tidak menggunakan konteks. Sementara AKM semua soal diberikan konteks personal, sosial, budaya dan sains. (05)

Komentar

News Feed