oleh

Relawan Indonesia Periksa Kesehatan Lansia di Hari Kemerdekaan

-Sumsel-37 views

 

PALEMBANG – Kegiatan yang digelar Relawan Indonesia patut dibanggakan. Pasalnya, pada momentum HUT RI ke-75 tahun ini melaksanakan aksi sosial berupa sunatan massal.

Tak hanya itu, komunitas yang bergerak di bidang sosial dan kesehatan ini juga memberikan layanan kesehatan gratis kepada Lansia. “Kami tim Relawan Indonesia yang bergerak di bidang sosial dan kesehatan, melaksanakan kegiatan berupa sunatan massal dan layanan kesehatan gratis pada Lansia di Kecamatan, Karanganyar, Gandus Palembang,” ungkap dr Alfredo Senin (17/8/2020).

Salah satunya Fatimah (66) tinggal bersama anak dan cucunya. Dimana mereka mengontrak dan sering berpindah-pindah. “Pada kesempatan itu, tim lekasanakan pemeriksaan kesehatan kepada Ibu Fatimah,” terangnya. Hasil pemeriksaan kesehatannya lanjut Alfredo, ternyata mengalami darah tinggi dan katarak.

Pada kesempatan tersebut, tim medis selain melakukan pemeriksaan kesehatan, tentunya memberikan edukasi kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga kesehatan. Terlebih, bagi Lansia yang terbilang rawan kesehatannya. “Kepada keluarga untuk tetap menjaga pola makan dan kesehatan ibu Lansia,” tukasnya.

Kegiatan yang digelar tersebut dilaksanakan pada pukul 08.30 WIB. Dalam sambutannya, Fiki Anderson selaku ketua pelaksana berharap Relawan Indonesia ini dapat menjadi wadah bagi pemuda untuk memberikan kontribusinya bagi bangsa. “Teruslah memberi dedikasi terbaik kepada bangsa dan negara,” ujarnya.

Sementara H.M. Ifan Fahriansyah, M.Kes selaku Penggagas komunitas ini yang didaulat sebagai Dewan Pembina Relawan Indonesia mengatakan, gerakan ini lahir dari para pemuda yang ingin terus berbuat serta peduli dengan masyarakat, sehingga terbentuklah Relawan Indonesia.

“Alhamdulillah launching Relawan Indonesia pada momentum hari kemerdekaan berjalan lancar. Terima kasih atas sambutan dan dukungan dari semua pihak. Semoga dengan adanya gerakan ini, menjadikan inspirasi bagi para pemuda untuk terus berbuat, peduli dan saling berbagi,” paparnya.

Hanya dalam waktu sepekan kata dia, telah bergabung belasan dokter. Diantaranya  dokter gigi, puluhan perawat, bidan dan yang menarik juga adalah banyaknya pemuda baik yang masih sekolah maupun yang putus sekolah yang bergabung dalam relawan ini. “Semoga komunitas ini memberi manfaat bagi banyak orang, dan menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan,” tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan juga ucapan terimakasih kepada salah ini sangu peserta Home Visit, Kalami (87) saat di kunjungi ke rumahnya.  “Terimakasih, semoga terus bisa memberi manfaat bagi masyarakat,” katanya.

Begitu juga Apriyadi ketua RT 35 sekaligus pembina Posyandu Remaja berharap, Relawan Indonesia ini akan menjadikan pemuda terus bergerak membantu masyarakat. (rl/hms)

 

 

 

 

 

Komentar

News Feed