oleh

Realisasi Retribusi BBI Naik

-Ekonomi-138 views

CAMBAI – Retribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari Balai Benih Ikan (BBI) Kota Prabumulih alami peningkatan. Seperti tahun 2017 BBI berhasil menyetorkan retribusi sebesar Rp8.5 juta, setidaknya ada peningkatan kisaran Rp550 ribu dari tahun 2016 lalu yang hanya tercapai Rp8 jutaan.
Kepala UPTD BBI, Yopi Apridani mengatakan, pihaknya terus mengupayakan agar jumlah retribusi terus alami peningkatan. Sehingga keberadaan BBI benar benar dapat dirasakan di Prabumulih.
Nah capaian retribusi tersebut, lanjut Yopi merupakan hasil bersih dari penjualan ikan siap konsumsi dan bibit ikan yang saat ini banyak dicari masyarakat Prabmulih.
“Untuk penjualan bibit malah lebih mendominasi, karena di Prabumulih itu banyak Unit Perikanan Rakyat (UPR) khusus untuk masyarakat yang membudidayakan ikan lele itu rata rata ambil bibit di BBI terutama ikan lele, selebihnya ikan yang siap konsumsi seperti Nila dan Gurame,” bebernya.
Lebih jauh Yopi mengatakan, ditahun 2018 diperkirakan target retribusi akan terus meningkat, karena itu pihaknya juga terus mengupayakan agar pendapatan dari BBI terus meningkat.
“Biasanya kalau target dari tahun ke tahun terus tercapai maka retribusi yang harus dicapai juga alami peningkatan. Memang saat ini jumlah retribusi yang harus dicapai belum ditetapkan, tapi kita yakin bakal terus ditambah,” tandasnya.
Sementara pantauan koran ini, sebelum liburan siswa TK Darussalam Pertamina lakukan kunjungan ke BBI untuk melihat proses pemijahan dan memberi makan ikan yang sudah siap konsumsi. “Kita memang sering menerima kunjungan dari TK, hal ini dilakukan sebagai proses pembelajaran untuk anak TK yang dikoordinir dan dijadwalkan dari sekolah,” tambahnya. (03)

News Feed