oleh

Realisasi PAD Sudah di Atas 50 Persen

PRABUMULIH – Dari target Rp 96,498 miliar, hingga pertengahan tahun ini realisasi PAD telah mencapai Rp 52,593 miliar atau 54,50 persen. Hal itu dibenarkan Kepala BKD, H Jauhar Fahri SE Ak CA ketika dikonfirmasi awak media di ruang kerjanya, Jumat (26/7).

Kata Jauhar, untuk mencapai target PAD tersebut, pihaknya akan mengoptimalkan dan memaksimalkan sumber-sumber PAD. “Sumbernya antara lain; pajak daerah dari target Rp 25,645 miliar, sudah terealisasi Rp 10,540 miliar atau sekitar 41,10 persen. Lalu, retribusi daerah terealisasi Rp 1,588 miliar atau sekitar 38,63 persen dari target Rp 4,112 miliar,” terangnya.

Kalau sumber pajak, kata dia, seperti pajak reklame, pajak hotel dan restoran, pajak hiburan, PBB-P2, BPHTB, pajak sarang walet, dan lain-lainnya. Sementara itu, retribusi, antara lain; retribusi parkiran, retribusi pasar, dan lain-lainnya.

“Sejauh ini, kita optimis kalau PAD bisa ditingkatkan dan dicapai hingga akhir tahun nantinya,” ujarnya optimis. Ucap Jauhar, selain pajak dan retribusi. Sumber PAD lainnya, yaitu pendapatan hasil pengelolaan daerah yang dipisahkan dan lain-lain pendapatan. “Itu cukup menambah untuk meningkatkan PAD setiap tahunnya,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed