oleh

Razia Rutan Muaradua, Temukan Sabu Nilai Ratusan Juta

MUARADUA – Penggeledahan terhadap seluruh narapidana penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Muaradua, sungguh menghebohkan. Ternyata, petugas berhasil menemukan narkoba jenis sabu senilai ratusan juta di lingkungan Rutan.
Penemuan ini jelas mengherankan. Pasalnya, penemuan beberapa paket sabu langsung oleh petugas, saat menggelar razia di Rutan Muaradua. Ini menimbulkan kesan seolah, Rutan Muaradua justru menjadi sarang pemuja barang haram.
Ratusan penghuni Rutan Kelas II B, mendadak kalang-kabut. Secara tiba-tiba, petugas yang berjumlah 70 orang datang dan menggeledah setiap sudut tempat yang adai di lingkungan Rutan Muaradua. Razia ini dilakukan Personil Kepolisian Resor (Polres), Kejaksaan Negeri (Kejari) OKU Selatan, dan Kementrian Hukum dan Hak Azasi Manusia (kemenkumham) Sumatera Selatan (Sumsel) Jumat (24/1) lalu.
Razia dimulai pukul 08.00 hingga 11.00 WIB dipimpin oleh Wakapolres Kompol Budi Santoso S Sos, Kabag Ops, Kompol Hasbullah Hamid dan Kasat Narkoba, Iptu Zulkifli dan Kasat Intelkam, Iptu Hendri Antonius SH dan Kasat Sabara, Iptu AB Pinem SH dan sejumlah Petugas dan Kepala Cabang Rutan (Kacabrutan) Muaradua, Reza Mediansyah Purnama Amd IP SH.
Hampir dua jam lebih menyisir satu persatu kamar sel, alhasil. petugas menemukan barang bukti (BB) berupa narkotika jenis sabu-sabu dibungkus plastik klip 3 paket besar, 1 paket kecil hingga mencapai 1/4 kilogram (Kg) dengan nilai ratusan juta. Kemudian, petugas menemukan ‎8 alat hisap alias bong, 3 buah pirek dan 3 buah peralatan tes urine, dan berupa uang tunai sebesar Rp 8000.000.
BB narkotika tersebut ditemukan di belakang kamar Rutan Muaradua, tepatnya di belakang Kamar sel tahanan nomor 22 dan di sejumlah kamar lainnya, yang tergantung di dalam kantong asoy warna hitam bercampuran rongsokan, dan sebagian di atas tembok di sekitaran kandang ayam.
Selain itu, petugas berhasil menemukan 5 unit handphone (HP), 2 buah gergaji, 2 buah palu‎, kunci inggris, ‎3 tang, 4 gunting, kikir dan 2 bilah pisau ‎dari sel tahanan. Razia yang menyasar seluruh sel tahanan Rutan Muaradua ini merupakan hasil pengembangan dilakukan Satnarkoba Polda Sumsel.
Kapolres OKU Selatan, AKBP Ahmad Pardomuan SIK MH, Wakapolres Budi Santoso S Sos melalui Kasat Narkoba, Iptu Zulkifli, SH Mhum dan Kasat Intelkam, Iptu Hendri Antonius SH membenarkan razia Rutan Cabang Muaradua berhasil menemukan barang bukti (BB) sabu-sabu dan peralatan hisap seperti bong.
”Kita dan petugas berhasil menemukan beberapa paket besar dan 1 paket kecil narkoba sabu-sabu. Jika ditotalkan keseluruhan hingga mencapai 1/4 Kg berikut peralatan hisap berada di sekitaran Rutan Cabang Muaradua,” ungkapnya, Jumat (24/11).
Dia mengungkapkan, untuk bahan penyelidikan lebih lanjut, seluruh BB narkoba yang berhasil ditemukan dan barang bukti lainnya di bawa ‎petugas gabungan langsung ke Polres OKU Selatan. “Untuk pemilik narkoba berhasil kami temukan tersebut sementara waktu ini masih dalam tahap proses penyelidikan petugas kepolisian, seluruh Barang Bukti (BB) sudah diamankan,” tambahnya.
Sementara itu, Kepala Cabang Rutan Muaradua, ‎Reza Mediansyah Purnama Amd IP SH mengatakan, narkoba berhasil ditemukan tersebut berada di luar sel tahanan. Hanya saja, memang BB Narkoba 1/4 Kg memang masih di areal Rumah Tahanan (Rutan) IIB Cabang Muaradua.
“Untuk BB narkoba ditemukan petugas berada di luar sel atau tepatnya berada di belakang kamar tahanan. Narkoba ini kami duga sengaja dibuang ke belakang Rutan dengan cara dilemparkan keluar rutan,” ucapnya.
Guna menindak lanjutinya maka seluruh BB yang di temukan kita serahkan langsung ke kepolisian untuk di kembangkan, dan kita tidak segan-segan untuk memberikan sanksi kepada pemiliknya, jika telah di temukan, karena kedepannya kita ingin benar-benar bersih dari narkoba,’’pungkasnya.
Dia menambahkan, demi melakukan upaya pembenahan kondisi Rutan, pihaknya ke depan akan gencar melakukan razia dengan menggandeng langsung Instansi terkait seperti Kejari dan Kepolisian.(cr8/jpnn)

News Feed