oleh

Ratusan Siswa Tes Scholastic

-Pendidikan-75 views

PRABUMULIH – Sebanyak 207 siswa kelas 12 SMA Negeri 1, ikuti Tes Bakat Scholastic (TBs) di laboratorium komputer sekolah. Pelaksanaan tes ini adalah untuk mengukur minat dan bakat siswa sebagai bekal untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Prabumulih, Freni Listyan SPd MSi melalui Waka kurikulum Betty Gusdwisari SPd saat dikonfirmasi koran ini mengatakan bahwa wa tahun ini siswa kelas XII mengikuti tes Scholastic sama seperti pelaksanaan Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK). Hanya saja dalam pelaksanaan ini lebih mengarah kepada tes verbal, kuantitatif serta penalaran dan angket untuk melihat kelancaran pelaksanaan tes Scholastic secara online.

“Tes Scholastic ini sama seperti tes psikologi untuk melihat prestasi dan arah kemampuan siswa menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau di dunia baru, yaitu dunia perkuliahan. atau lebih tepatnya untuk menentukan jurusan yang akan dipilih oleh siswa setelah masuk ke dunia perguruan tinggi,”jelasnya.

Selain itu pelaksanaan TBS ini sekaligus memanfaatkan komputer sebanyak 20 unit yang merupakan bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pelaksanaan tes melalui aplikasi khusus Puspendik yang terhubung secara online ke Kementerian..

Proktor Sekolah, Ani Setyawati SPd menambahkan, pelakanaan TBas juga mengenalkan dengan UNBK nanti. Ia mengatakanTBS merupakan tes bakat Scholastic atau TBS merupakan tes yang mengukur kemampuan potensial umum, yang dirancang untuk memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi .

Selain itu tujuannya adalah ntuk memberikan informasi ke sekolah mengenai potensi belajar siswanya di Sekolah untuk melihatogika numerik dan kemampuan siswa dalam mengorganisasi informasi, sert untuk menyelesaikan masalah secara sistematis.

“TBS juga bermanfaat untuk memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru,”tandasnya.(05)

Komentar

News Feed