oleh

Puskesmas Dilengkapi TPS

-Kesehatan-803 views

MANGGA BESAR – Untuk mendukung penilaian Adipura, fasilitas kesehatan seperti Puskesmas Pasar membangun Tempat Penampungan Sementara (TPS).
Kepala Unit Plaksana Teksnis Daerah Puskesmas Pasar Prabumulih dr Iriyadi MARS jika dibangunnya TPS di puskesmas tersebut dikarenakan memang puskesmas belum memiliki TPS sebelumnya. “Sekalian untuk membantu penilaian Adipura nanti, jadi manfaatnya ada 2 selain memang untuk TPS, TPS itu juga digunakan untuk mendukung Penilaian Adipura,”Katanya.
Dirinya mengatakan pentingnya TPS bagi setiap Puskesmas, untuk membedakan setiap jenis sampah yang ada dan di tmpung di dalam TPS. Kemudian barang-barang bekas, masih bisa dipilah sebelum akhirnya diangkut ke TPA.
“Kan dipilah, nanti kalu ada yang bisa di tabung, nanti kita tabung di BSP, kan Puskesmas ada rekening sendiri di BSP,” akunya.
Keberadaan TPS diharapkan, dapat dimanfaatkan oleh warga di puskesms Pasar agar terbiasa untuk membedakan setiap jenis sampah dan bisa di gabung menjadi satu. “Semoga bisa dirawat, dan bisa dimaksimalkan semaksimal mungkin,” tambahnya
Salah satu perawat mengatakan jika memang selama ini sudah ada pembeda mana sampah jenis kertas, plastic dan jenis sampah lainnya, hanya saja ketika dibuang kemobil sampah maka sampah yang sudah dipilah tadi tetap saja dicampurkan menjadi satu di dalam truk sampah.
“Kalau ada ini kan di pilih dulu, mana sampah yang bisa dimanfaatkan lagi, mana yang bisa di buang langsung. Kalu kejadiannya seperti sampah yang sering mampir di depan puskes itu, ya psti tidak enak dilihat,” tukasnya.(mus)
TPS: Untuk menampung sampah yang dihasilkan serta mempertahankan Piala Adipura, Puskesmas Pasar membangun fasilitas TPS.

News Feed