oleh

Puluhan Peserta UNP Mengundurkan Diri

-Pendidikan-124 views

PRABUMULIH – Dari 234 peserta Ujian Nasional Perbaikan (UNP) di SMA Negeri 1 Prabumulih, sekitar 30 tidak hadir. Nah, tidak hadirnya peserta dianggap mengundurkan diri. “Para siswa yang tidak bisa ikut UNP dianggap mengundurkan diri,” kata Waka kurikulum SMA Negeri 1 Prabumulih, Betty Gusdwisari SPd Selasa (30/7).

Ia mengatakan, tak hadirnya peserta dikarenakan jadwal pelaksanaan UNP bersamaan dengan waktu daftar ulang, dan masa orientasi mahasiswa baru di berbagai Universitas Negeri yang diikuti oleh para peserta UNP.”Banyak yang tidak hadir karena alasan berbarengan dengan masa orientasi dan waktu daftar ulang, sedangkan jadwal pelaksanaan UNP sudah diagendakan dari pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” terangnya.

Dikatakanya, pelaksanaan UNP diagendakan selama 4 hari. Sehingga seluruh peserta mengimbangi jadwal kehadiran sesuai dengan mata pelajaran yang ingin diperbaiki. “Setiap hari ada dua sesi jadwal UNP, jadi para peserta UNP masuk sesuai jadwal tergantung mata pelajaran yang diikuti,”bebernya. Lebih jauh Betty mengatakan, sampai saat ini tidak ada kendala yang dihadapi oleh peserta UNP selama pelaksanaan di SMAN 1 Prabumulih. Baik klain maupun server semuanya aman, dengan dua sesi ujian, maka jam 1 siang semuanya sudah selesai. “Kalau nilai UNP lebih kecil maka sertifikat tidak bisa dikeluarkan. Secara otomatis nilai tidak keluar dan peserta tetap menggunakan sertifikat UN utama,”tandasnya seraya mengatakan para peserta banyak dari Palembang, Gelumbang dan muara Enim.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Prabumulih, Freni Listiyan SPd MSi menambahkan, tahun ini adalah tahun pertama SMAN 1 dipercayai menjadi sebagai tempat penyelenggara UNP. Bahkan di Sumatera Selatan SMA Negeri 1 Prabumulih adalah peserta terbanyak ikut UNP. Sementara hari ketiga pelaksanaan UPN dihadiri oleh Kasi PTK SMK Sumatera Selatan, Mondyaboni SE SKom sebagai tim monitoring dan evaluasi (monev) UNP di SMAN 1 Prabumulih. “Monitornya hanya mengisi instrumen saja seperti absensi siswa dan siswa mata pelajaran yang diikuti serta teknis pelaksanaan di sekolah apakah ada masalah atau tidak,”tukasnya.(05)

Komentar

News Feed