oleh

Puluhan Karateka Ujian Naik Sabuk

PRABUMULIH – Sebanyak 80 karateka dibawah naungan Institut Karate-Do Nasional (Inkanas) Cabang Yayasan Islahul, Minggu (28/7) mengikuti ujian kenaikan sabuk. Kenaikan sabuk ini, kata pengurus Inkanas Penda Sumsel, Ir Maximilian MT wajib diikuti setiap enam bulan sekali oleh para karateka.

“Kali ini, karateka naik sabuk. Dari sabuk cokelat ke turun kqu, biru ke cokelat. Lalu, hijau ke biru, kuning ke hijau, dan putih ke kuning,” jelasnya kemarin di sela-sela ujian kenaikan sabuk di Kampus Yayasan Islahul Ummah Karang Raja, kemarin. Sambungnya, materi ujian meliputi; kihon, katak, dan komite. Dan, para karateka harus mengantongi nilai maksimal 80, jika ingin lulus dan naik sabuk.

“Pengujinya, saya sendiri (Ir Maximilian, red). Lalu, ada Drs Gunadi, dan Kgs Roni Rachman. Kita rutin melakukan penilaian untuk ujian kenaikan sabuk per-6 bulan sekali. Untuk di Yayasan Islahul Ummah, sudah ketiga kalinya ini,” terangnya.

Sementara itu, Pembina Yayasan Islahul Ummah, H Mat Amin SAg melalui Pelatih Karate, Sabas Effendi menerangkan, kenaikan sabuk ini merupakan ajang evaluasi kemampuan siswanya selama mengikuti karate selama ini.

“Setiap 6 bulan, kemampuan yang dimiliki karateka kita. Diuji, sehingga bisa naik sabuk ke tingkat lebih tinggi,” pungkasnya. Sambungnya, setiap akhir pekan khususnya Sabtu. Akunya, para karatekanya rutin berlatih, untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki. “Kemampuan beladiri dimiliki, kita tekan untuk melindungi diri. Bukan, untuk disalahgunakan,” pesannya. (03)

Komentar

News Feed