oleh

Puasa saat Corona, Ini Tips dari Dokter Fajria

-Metropolis-50 views

 

PRABUMULIH – Ibadah Puasa di bulan suci Ramadhan tahun ini  terasa sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kondisi dimana makin memprihatinkan akibat terus meluasnya wabah virus Covid-19 menjadi perhatian khusus bagi seluruh umat muslim di dunia.

Pandemi Covid-19 telah membuat orang berusaha untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas hidup.

Dampak pandemi Covid-19 mempengaruhi kekuatan fitrah (imunitas) manusia, sebagai mahluk Allah SWT meliputi psikis (spiritualmental  emosional ) dan fisik.

Dr Fajria menyampaikan, bahwa puasa Ramadhan tahun ini menjadi penguat kekuatan fitrah manusia. “Karena dengan ibadah ini meningkatkan aspek spiritual mental dan emosional kita menjadi lebih baik. Walau secara fisik terlihat tubuh menjadi lebih lemah karena asupan air makan berkurang. Tetapi dengan berpuasa yang benar maka akan meningkatkan kekuatan secara fisik juga,” kata dr Fajria kepada Prabumulih Pos.

Kepada koran ini, dr Fajria membagikan tips untuk meningkatkan imunitas puasa, selama menjalankan puasa ditengah Pandemi Covid -19. Berikut tips dari dr Fajria, yang telah dirangkum oleh Prabumulih Pos.

  1. Perhatikan asupan makanan dan Minuman.

Ingat sangat disarankan menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur. Konsumsi yang manis sehat alami mudah dicerna saat berbuka. Hindari gula terlalu sering dan banyak adalagi gula sintetis/pemanis yang sering pada minuman kemasan. Pilih yang alami,seperti buah buahan segar, air putih hangat , air sari buah , madu dan sangat disarankan kurma (buah kurma yang bersih atau sari kurma yang asli ya).

 

  1. Tetaplah di rumah saja

Keluar rumah untuk beberapa kepentingan mendesak saja, hindari keramaian,selalu gunakan masker dan senantiasa cuci tangan dengan sabun. Jadi ikuti protokol keluar rumah saat pandemi covid 19 ini ya.

  1. Olahraga di rumah saja

Olahraga ringan saja bisa menghangatkan tubuh, gerakan senam sederhana dan tidak lama. Lakukan shalat 5 waktu dan tarawih gerakan yang benar selain kewajiban kita sebagai muslim dan diteliti gerakan itu menguatkan tubuh.

  1. Melengkapi suplemen alami

Herba Sunnah seperti habatussaudah, madu , susu kambing, zaitun dan Halia (curcuma).Herba herba sunnah ini kaya akan vitamin A, B, C,E. Dan meningkatkan imun bisa menekan pertumbuhan dari virus dan bakteri.

 

  1. Lakukan hal yang menyenangkan tapi tidak mubazir.

Yakni dengan tetap jaga mental dan emosional kita. Selalu berdoa dan hindari stress karena berseliweranya berita berita hoax tetap jaga ukhuwah hindari ghibah.

“Baca hal yang baik, berkata yang baik dan melakukan kegiatannyang bergunakan buat ummat,” pesan istri dari Ketua DPD PKS kota Prabumulih H Adhy Candra ST ini.

Dalam kesempatan itu, dokter yang bertugas di Puskemas Prabumulih Barat ini mengingatkan untuk minum air putih yang cukup.  “Setidaknya 8 gelas saat berbuka, sudah shalat maghrib, setelah tarawih, saat bangun tidur sebelum sahur dan setelah sahur,” tukasnya.(08)

 

Komentar

News Feed