oleh

PSC 119 Terima Ambulans Motor

HARI Kesehatan Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 November yang tahun ini rangkaian Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 55 yang dilaksanakan di RSUD Siti Fatimah Provinsi Sumatera Selatan. Pada Kegiatan tersebut , PSC 119 Kota Prabumulih mendapatkan bantuan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan 1 ( unit ) Ambulans Motor. Ambulans motor tersebut dapat digunakan untuk menjangkau daerah daerah yang sulit dilalui kendaraan roda 4. Harapan kedepan akan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Dalam kesempatan itu juga, pemerintah kota Prabumulih , mulai 1 Desember 2019 sudah UHC (Universal HelathCoverage) artinya sudah minimal 95 % Masyarakat Kota Prabumulih tercover Jaminan Kesehatan Nasional ( JKN ) dan menjadi Peserta Penerima Bantuan Iuran ( PBI ). Apabila masyarakat yang belum mendapat kartu JKN KIS, paling lambaytgl 15 Desember cukup membawa KK/KTP sehingga dapat diaktifkan (OPEN MEMBER) ketika memerlukan pelayanan kesehatan, dengan catatan bersedia didaftarkan dengan mendapat jatah Kelas 3 Perawatan di Rumah Sakit tanpa bisa meminta kenaikan kelas perawatan. Bagi peserta PBPU dan BP atau biasa kita sebut peserta mandiri yang membayar sendiri yang menunggak , bisa didaftarkan sebagai PBI ( Penerima Bantuan Iuran ) dengan persetujuan yang bersangkutan ( menunggak minimal 6 bulan untuk peserta kelas 3 mandiri, dan menunggak minimal 12 bulan untuk peserta kelas 2 dan 2 mandiri ), akan tetapi tidak menghilangkan tanggung jawab atas hutang tunggakan. Apabila setelah didaftarkan sebagai PBI ingin kembali beralih sebagai PBPU (mandiri), maka tidak bisa serta merta dapat beralih, karena harus menunggu 12 bulan, kecuali beraliih menjadi segmen PPU ( Pekerja Penerima Upah ) bisa otomatis dialihkan .

PSC 119 Kota Prabumulih dan Program JKN di Kota Prabumulih, di Dinas Kesehatan Sekretariatnya berada di Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan, mensinergikan dan mengintegrasikan dua program Layanan masyarakat ini berupa : Pemanfaatan Call Center PSC 119 Kota Prabumulih yaitu nomor telp. 0853-6732i-119 ( SMS, WA, Telp ), Media Sosial ( Facebook melalui media Pesan Pribadi dan Instagram melalui media DirectMessage ) PSC 119 Kota Prabumulih, , sebagai Layanan Pengaduan Masyarakat mengenai Layanan JKN di Fasilitas Kesehatan ( Rumah Sakit, Puskesmas, Faskes lainnya ) dengan mneyertakan identitas lengkap dan pengaduan merupakan kondisi riil bukan merupakan berita bohong, yang nantinya akan diteruskan ke Sekretarriat Pencegahan Fraud ( Kecurangan ) JKN yang ada di Seksi Rjukan Dinas Kesehatan. Pengaduan masyarakat diterima melalui media dan akan ditindak lanjuti / dijawab paling lama 4 hari . Dan nantinya apabila sudah di launching Aplikasi E medic juga ada fitur untuk layanan pengaduan tersebut. Sebelumnya Dinas Kesehatan hanya menggunakan nomor telepon pengaduan yang saat ini nomor tersebut tidak diaktifkan lagi dengan telah diintegrasikan ke layanan PSC 119 Kota Prabumulih.

Hal tersebut sebagai bentuk pelaksanaan Permenkes nomor 36 tahuh 2016 yang saat ini sudah dikeluarkan kembali Permenkesnomo 16 tahun 2019 tentang Pencegahan dan Penanganan Kecurangan ( Fraud) serta pengenaan sanksi Fraud (Kecurangan ) JKN. Selain itu juga merupakan tuntutan dari Komisi Pemberantasan Korupsi dalam Rencana Aksi Pecegahan Korupsi Terpadu yang mensyaratkan adanya layanan pengaduan fraud JKN. Selain itu juga, sebagai bentuk layanan kita kepada msyarakat agar maksimal, dan masyarakat bisa mendapatkan penjelasan apabila butuh informasi tentang JKN sekaligus pelayanan kesehatan oleh tim PSC dan Tim Homecare Puskesmas.(rel)

 

Komentar

News Feed