oleh

PSBB Palembang Berlaku Hingga 2 Juni, Berlakukan Sanksi Bertahap

-Sumsel-20 views

PALEMBANG – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kota Palembang dimulai hari ini, Rabu (20/5) dan akan berakhir pada 2 Juni 2020 mendatang. Hal ini sesuai dengan Keputusan Walikota No122/KPTS/DINKES/2020 tentang Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam rangka Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Palembang.

Pemberlakuan PSBB ini lebih cepat dari yang disampaikan oleh Gubernur Sumsel Herman Deru sebelumnya, yang menyebut jika PSBB akan dilaksanakan usai lebaran.

Walikota Harnojoyo, usai rapat bersama tim Gugus Tugas Covid-19 Palembang pada Rabu (20/5) menyampaikan, PSBB bertujuan untuk menekan angka penyebaran pandemik. Sehingga diharapkan masyarakat bisa patuh dan menyadari pentingnya pemberlakuan PSBB di kota Palembang.

Khususnya di sektor perdagangan, seperti toko dan pasar, Harnojoyo mengatakan jika pihaknya memberi batasan waktu selama lima jam untuk beraktifitas. Selebihnya toko maupun pasar tersebut diminta untuk tutup.

“Jadi lebih kepada kesadaran dan bagaimana kita mengedukasi masyarakat,”tegas Harnojoyo saat konferensi pers usai rapat. Ia didampingi Wawako Fitrianti Agustinda, Kapolrestabes Kombes Pol Anom Setyadji, Dandim 0418 Kolonel Arm Widodo Noercahyo dan Kajari Asmadi SH.

Menyoal sanksi, dijelaskannya jika pelanggar akan mendapatkan sanksi bertahap sesuai dengan diskresi yang dilihat petugas di lapangan. Kembali lagi kepada tujuan PSBB untuk mendidik masyarakat, maka sanksi mulai dari teguran hingga pidana.

“Kami berharap masyarakat paham dengan aturan terkait protokol kesehatan yang sebetulnya juga telah kita lakukan,”kata Harnojoyo. Ini merujuk pada kondisi Palembang sebelum PSBB dimulai. Dimana Walikota telah mengeluarkan instruksi percepatan penanganan Covid-19.

Lebih jauh dikatakannya, aktifitas masyarakat tidak serta merta berhenti. Namun ia berharap fleksibilitas yang dimiliki oleh aturan terkait PSBB di kota Palembang ini bisa cepat menurunkan penyebaran Covid-19. Sampai Rabu sore, sudah ada 352 kasus terkonfirmasi positif di Palembang. (aja)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

News Feed