oleh

Progres KIA Sudah 19 Persen

-Kecamatan-19 views

PRABUMULIH – Penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA), di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (disdukcapil) Kota Prabumulih sudah berjalan 19 Persen.

Bahkan dari 19 persen KIA yang sudah tercetak, beberapa beberapa diantaranya sudah diserahkan langsung kepada si empunya melalui sekolah.

“Ada sekitar 13 ribu anak, dari usia 1-11 tahun, alhamdulilah progres sudah hampir 20 persen. Sudah 19 persen sekian,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Haryadi SH MH melalui Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Nodirullah SKom, Rabu (25/11/2020).

Bodi sapaan akrabnya menuturkan, 13 ribu data KIA tersebut termasuk warga yang mengurus sevafa pribadi. “Yang datang secara pribadi ada, tapi belum efektif. Karena kami masih fokus kerjasama dengan sekolah, apalagi kondisi pandemi khawatirnya pelayanan masyarakat yang datang akan menumpuk,” tuturnya.

Disampaikanya, penerbitan KIA hanya diprioritaskan bagi anak yang sudah memiliki akte kelahiran. Dan bagi anak yang kelas 5 dan 6 SD. “Kalau tidak dicepatkan, yang kelas 6 SD akan segera tamat. Terus kalau yang belum punya akte tidak bisa cetak KIA, syaratnya harus ada akte,” tuturnya mengatakan penyerahan KIA ke sekolah dibantu oleh darmawanita Disdukcapil.

Disinggung adakah siswa yang ternyata tak memiliki akte, saat sekolah menyampaikan data untuk pencetakan KIA?

“Ada tapi tidak banyaklah, hanya 1 persenlah. Dan itu biasanya langsung kita bantu urus akte. Tapi kalau yang siswanya dari luar daerah seperti di SD Pangkul, asal Lembak tentu tidak bisa kami cetak,” jelasnya.

Disinggung apakah pencetakan KIA mempengaruhi KTP El, menurut Nodi sejauh ini cetak KTP dan KIA masih belum ada kendala. “Karena ada dua alat, jadi sementara tidak mengganggu pencetakan KTP El,” tukasnya mengatakan perhari bisa mencetak hingga 100 KIA.

Sementara itu, sejak KIA di Kota Prabumulih diluncurkan sejumlah pemilik fotocopy dan cetak foto mengaku kebanjiran pelanggan. “Hampir setiap hari ada yang datang cetak foto dan fotokopi akte dan KK. Katanya untuk urus KIA melalui sekolah yang diantarkan ke Capil,” kata Dewi Sepriani salah satu pemilik usaha cetak foto dan fotocopy.(08)

 

Komentar

News Feed