oleh

Program OTAP Spena  Dukung Penghijauan Sekolah

-Pendidikan-37 views

SMPN 6 PRABUMULIH realisasikan program Orang Tua Asuh Pohon (OTAP) dalam rangka mewujudkan penghijauan lingkungan sekolah. Setidkanya ada sebanyak 56 pohon akar tunjang atau tanaman keras dari program OTAP, seperti duren,jamu air, jambu biji, kelengkeng, mangga hingga kedondong yang memang akan menghasilkan dalam jangka panjang.

“Kita sengaja menanam buah buahan, selain dapat mermanfaat untuk penghijauan juga dapat menghasilkan buah, yang nantinya sebagai warisan untuk warga sekolah selanjutnya,” kata Kepala Sekolah SMPN 6 Prabumulih, Fickri SIP MM sabtu (7/3).

Pria ini juga mengatakan, program ini disesuaikan dengan program adiwiyata yang berwawasan lingkungan, yang nantinya diharapkan dapat bermanfaat untuk semuanya. Karena OTAP ini benar benar merupakan pohon dari siswa oleh siswa dan untuk siswa itu sendiri.

“Yang berpartisipasi adalah seluruh siswa dari kelas 7 hingga kelas 9, yang dibuat perkelompok masing masing 7 orang. Dari kelompok tersebut mereka bagi tugas, ada yang membuat lubang, ada yang mencari tanaman, memupuk dan memagar serta nantinya merawatnya hingga mereka taman sekolah,” bebernya yang didampingi para wakilnya M Habib SAg, Andres Armyco MPd dan Ilham Syamsuddin SPd.

Sementara Koordinator OTAP, Sri Lestari SPd menambahkan bahwa program ini juga dilaksanakan sekaligus memberikan edukasi pada para siswa agar dapat memberikan manfat bagi orang lain, karena mereka belum tentu memanen buah ini kedepan, melainkan mewariskan kepada adik tingkat dan mengukir kenangan yang menumbuhkan kecintaan terhadap sekolah.

“Untuk lokasi penanaman pohon itu ditentukan oleh pihak sekolah, yaitu di pinggiran sekolah yang memang masih luas dan cocok untuk tanaman akar tunjang yang berumur panjang,” tambahnya.(05/adv)

Kepsek SMPN 6 Fickri SIP MM

Penanaman pohon oleh siswa disaksikan oleh kepsek

Alat musik Perkusi Spena dari barang bekas

 

Komentar

News Feed