oleh

Prabumulih Masuk Zona Orange

-Metropolis-296 views
  • Pegawai Bappeda Jalani Rapid Test

  • Bertambah Kembali Dua Kasus Cluster Lama

PRABUMULIH – Kasus positif covid-19 di kota Nanas ini kembali bertambah. Terbaru, dua orang dinyatakan positif oleh gugus tugas Covid-19 Sumatera Selatan.

Dengan penambahan kasus tersebut, Prabumulih kini ditetapkan berada di zona orange atau resiko sedang.

Informasinya, penambahan pasien positif penimpa salah satu keluarga pegawai di lingkungan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Setidaknya itu terungkap dengan upaya Dinas Kesehatan yang melakukan rapid test terhadap pegawai Bappeda, Jum’at (17/7/2020).

Sebagai langkah pencegahan dan antisipasi, Dinkes melakukan deteksi dini dengan tracking lewat rapid tes. Setidaknya, 40 pegawai ditargetkan menjalani rapid test pertama. Belakangan, hanya 34 pegawai menjalani rapid test sisanya belum hadir.

“Betul, ada salah satu keluarga pegawai dinyatakan positif Covid-19 di RS Pertamina. Kalau tidak salah suami atau istrinya, pegawai Bappeda sudah kita isolasi, dan untuk sementara tidak bekerja,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), dr H Happy Tedjo TS MPH kepada awak media, Jumat (17/7/2020).

Selanjutnya, kata Mantan Direktur RSUD ini, siapa saja yang pernah kontak dengan pegawai Bappeda tersebut. Sebagai langkah pencegahan, dilakukan tracking lewat rapid test.

“Baru Bappeda saja, informasinya juga dengan ada kontak dengan Dinas PUPR. Jelas kita tracking. Hasil rapid pertama ini, belum ada pegawai reaktif. Semuanya non reaktif,” jelas dokter spesialis jiwa ini.

Sambungnya, sesuai Standar Operasi Prosedur (SOP), jika ada reaktif hasil rapid testnya dilakukan isolasi mandiri sambil menunggu hasil swab.

Tak henti-hentinya, ia mengingatkan, agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Agar tidak terpapar Covid-19 yang sekarang ini tengah mewabah. “Wajib pakai masker, jaga jarak, rutin cuci tangan, dan lainnya,” imbaunya.

Masih kata dia, situasi Covid-19 di Prabumulih penyebarannya relatif stagnan dan terkendali. Terlihat, tidak terlalu banyaknya penambahan kasus Covid-19 di Kota Nanas ini.

“Totalnya, ada 46 kasus positif. Dengan, pasien sembuh 34 orang. Lalu, 4 meninggal dan 8 dirawat guna penyembuhan,” bebernya.

Lanjutnya, diakhir pekan ini, Covid-19 di Prabumulih bertambah dua kasus lagi. “Sudah kita tracking, itu merupakan cluster lama masih cluster dari RS swasta. Dan, tengah isolasi mandiri dan dirawat di RS tersebut,” ujarnya.

Penyebarannya, rinci Tedjo, masih transmisi lokal. “Tetap waspada dan hati-hati dengan Covid-19, jangan sampai terpapar dengan mematuhi protokol kesehatan,” tukasnya. (03)

 

Komentar

News Feed