oleh

Prabumulih Jadi Percontohan Bebas RTLH

-Metropolis-42 views

PRABUMULIH – Dirjen Penyedian Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), DR Khalawi AH akan menjadikan Prabumulih menjadi kota percontohan bebas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Sebelumnya, data terakhir tersisa 165 RTLH di Prabumulih. Belakangan masuk dari Lurah dan Kades bertambah menjadi 246 RTLH. Bahkan data RTLH di Prabumulih  terus dimutakhirkan.

“Kita telah meminta Lurah/Kades, untuk memutakhir data RTLH di Kota Nanas ini. Kita tunggu, sampai Senin ini. Karena, Selasa mau kita serahkan ke Kemen PUPR,” ujar Ridho usai memimpin rapat masalah penuntasan RTLH di Ruang Rapat Lantai 1, Jumat (28/2).

Untuk menuntaskan masalah RTLH di Prabumulih, dan menjadi kota pertama bebas RTLH, pihaknya telah mewarning Lurah/Kades pendataan RTLH khususnya warga Prabumulih, bukan warga pendatang.

“Minimal 2 hingga 3 tahun berdomisili di Prabumulih, jangan sampai masih ada tidak terdata. Tujuan program ini, menuntaskan masalah RTLH bagi masyarakat Prabumulih,” tukasnya.

Sambungnya, Prabumulih ini bukan hanya lipstik saja. Program pembangunannya, nyata dan terbukti. “Jangan sampai, usulan sudah masuk ke Kemen PUPR diberikan bantuan Rp 17,5 juta perumah. Tidak tahunya, masih ada saja RTLH. Itu kita tidak mau,” wantinya.

Apalagi, sebelumnya Kemen PUPR sudah memulai membangun 225 rumah bagi komunitas petugas kebersihan. Ditambah, 125 rumah bagi komunitas pemulung dan tukang becak.

“Makanya, peluang dari Kemen PUPR harus benar-benar dimanfaatkan. Kalau RTLH tanah orang lain, biar Baznas menuntaskannya,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda), Elman ST mengatakan, wajib sinkronisasi antara data Dinas Perkim, Bappeda, dan Baznas untuk menuntaskan masalah RTLH.

“Hal itu harus menjadi perhatian Lurah/Kades dalam masalah mutakhir data RTLH,” bebernya.

Ucapnya, ambil KTP dan KK. Lalu, foto rumah dan surat tanahnya. “Kita minta data tersebut, Senin ini sudah lengkap. Karena, Selasa akan diserahkan ke Kemen PUPR,” tukasnya.

Bantuan Rp 17,5 juta perumah, kata dia, Gara-gara usulan Prabumulih. Data stimulan Rp 7,5 juta tidak cukup merehab rumah. “Kalau Rp 17,5 juta, itu memadai dan tuntas dan tidak menimbul masalah. Makanya, bantuan rehab rumah Kemen PUPR jadi Rp 17,5 juta sekarang ini,” sebutnya. (03)

 

 

Komentar

News Feed