oleh

Prabumulih Batal Terima Vaksin Covid-19

-Metropolis-11 views

Kembali Zona Orange

PRABUMULIH – Sempat masuk 7 kabupaten dan kota penerima pendistribusian vaksin Covid-19 tahap pertama, akhirnya kota Prabumulih ditunda mendapatkan vaksin dari China tersebut.

Hal itu terungkap dari pernyataan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Lesty Nurainy Apt MKes disebabkan alasan efisiensi vaksin dan juga rekomendasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Tahap pertama pendistribusian vaksin Covid-19 hanya 4 kabupaten/kota saja. Yaitu, Palembang, Ogan Ilir (OI), Banyuasin, dan Ogan Komering Ilir (OKI). Sedangkan, Prabumulih, Musi Banyuasin (Muba), dan PALI ditunda sementara waktu,” ucapnya dilansir dari Grup Sumeks, Sumeks.Co, Selasa (12/1/2021).

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Prabumulih, dr H Happy Tedjo TS MPH dikonfirmasi melalui Sekretaris Dinas (Sekdin), drg Sri Widiastuti menjelaskan, telah mengetahui hal itu.

“Prabumulih, tidak termasuk kota/kabupaten penyaluran tahap pertama. Karena, ada penundaan merupakan kebijakan Kemenkes dan Dinkes Provinsi Sumsel,” ujar Tuti, sapaan akrabnya kepada awak media.

Kemungkinan, kata Tuti, pendistribusian vaksin Covid-19 ke Prabumulih akan tetap dilaksanakan tetapi menunggu giliran selanjutnya. “Yang jelas, kita menunggu jadwal pengambilan vaksin Covid-19 dari Dinkes Provinsi Sumsel. Palembang, OI, OKI, dan Banyuasin memang telah mulai pengambilan vaksin Covid-19,” tukasnya.

Sementara itu,  berdasarkan data gugus tugas Covid-19 Sumatera Selatan, kalau kasus Covid-19 di Prabumulih kini sudah kembali ke zona orange setelah sebelumnya ditetapkan zona merah.

Per-11 Januari, data Dinkes sebanyak 531 orang terkonfirmasi positif. Sebanyak  459 orang sembuh, meninggal 25 orang, dan masih dalam perawatan sebanyak 47 orang. “33 orang dirawat di sejumlah RS, dan 14 orang isolasi mandiri di rumah masing-masing,” terangnya.

Sambungnya, terus berupaya menekan angka kesembuhan pasien. Sehingga, jumlah pasien terkonfirmasi positif turun. “Memang, dua minggu belakangan ini tidak ada penambahan kasus Covid-19 signifikan. Sehingga, Prabumulih tetap bertahan di zona orange,” tukasnya.

Kata dia, upaya pencegahan melalui penyuluhan dan sosialisasi. Lalu, tracking pasien dan lainnya terus dilakukan. “Ayo patuhi Protokol Kesehatan (Protkes), mari lawan Covid-19 bersama-sama,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed